Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Sambar Motor di Perlintasan Tanpa Palang Pintu, 2 Orang Terluka

Kompas.com - 20/12/2018, 06:48 WIB
Dani Julius Zebua,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.com – Seorang laki-laki mengalami luka berat dan seorang perempuan luka ringan akibat tertabrak kereta api di perlintasan sebidang tanpa palang pintu di Wates, Kecamatan Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kedua korban yakni ZR (16), warga Gunung Rego, Hargorejo, Kecamatan Kokap, yang mengalami patah tulang kaki dan cidera kepala. Sementara EFS (16), dari Dusun Tambak, Triharjo, Wates, mengalami luka ringan.

Keduanya langsung dilarikan ke RSUD Wates untuk mendapatkan perawatan medis.

Baca juga: Lawan Arah, Pengendara Motor Tewas Tertabrak KRL Jurusan Tangerang

"Sekilas yang laki-laki seperti patah tulang pada kaki dan cidera kepala. Kalau yang perempuan hanya luka ringan," kata Bripka Edy Purnanto, polisi Satlantas Polres Kulon Progo, saat berada di tempat kejadian, Rabu (19/12/2018).

Seorang saksi mata mengungkapkan, sepeda motor yang ditumpangi kedua korban melaju dari utara ke selatan dan hendak menyeberangi perlintasan tersebut.

Pengemudi diduga kehilangan konsentrasi ketika menyeberang rel kereta, sehingga seperti tidak mengetahui ada kereta hendak melintas.

"Seperti hilang fokus, jadinya pas lewat perlintasan ketabrak,” kata Satriya, warga yang mengaku menyaksikan kejadian itu.

Kepala Urusan Administrasi Jalan Rel Wates PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Yonatan Ary mengungkapkan, kecelakaan terjadi di perlintasan kereta di kilometer 513.45 sekitar pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Motor Hilang Kendali, Pasutri Jatuh dan Tewas Tertabrak Truk

Tabrakan melibatkan Kereta Api Gajah Wong yang melaju dari arah barat. Kereta yang menabrak membuat sepeda motor terseret sekitar 20 meter.

"Berdasarkan informasi dari beberapa saksi mata, pengendara motor enggak tahu mungkin ada kereta api," kata Yonatan.

Warga segera membantu korban. Keduanya langsung dilarikan ke RSUD Wates.

Sementara itu, polisi melakukan olah tempat kejadian perkara dan bangkai motor dibawa ke Mapolres Kulon Progo sebagai barang bukti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com