Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengendara Diimbau untuk Pelan Saat Lintasi Tol Fungsional Pandaan-Malang

Kompas.com - 19/12/2018, 17:18 WIB
Andi Hartik,
Khairina

Tim Redaksi


MALANG, KOMPAS.com - Pengendara yang melintas di ruas tol fungsional Pandaan-Malang diminta untuk mengurangi kecepatan. Sebab, tol itu masih dalam tahap konstruksi.

Kanit Turjawali Polres Malang, Ipda Ahmad Taufik mengatakan, kecepatan yang diperbolehkan saat melintasi ruas jalan tol tersebut maksimal 60 kilometer per jam.

"Kami mengimbau kecepatan maksimal 60 kilometer per jam. Karena di dalam masih banyak pasir dan licin," katanya, Rabu (19/12/2018).

Pihaknya sudah mendirikan pos pengamanan di pintu keluar tol yakni di Karanglo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Baca juga: Natal dan Tahun Baru, Tol Pandaan-Malang Dibuka Fungsional

Sementara itu, tol fungsional Pandaan - Malang itu dibuka untuk satu jalur. Pada tanggal 21 hingga 25 Desember 2018, tol itu dibuka untuk jalur Pandaan menuju Malang.

Sedangkan pada tanggal 26 hingga 27 Desember 2018, tol itu dibuka untuk jalur dari Malang menuju Pandaan.

Lalu, pada tanggal 28 hingga 31 Desember 2018, ruas tol itu akan berfungsi untuk jalur Pandaan menuju Malang.

Pada tanggal 1 hingga 3 Januari 2019, tol itu kembali dibuka untuk jalur dari Malang menuju Pandaan. Penentuan jalur itu disesuaikan dengan prediksi padatnya kendaraan.

Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang, Agus Purnomo mengatakan, tol fungsional Pandaan - Malang itu dibuka untuk siang hari saja. Yakni, pada pukul 7.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Hal itu berkaitan dengan keamanan pengendara karena lampu di sepanjang ruas tol belum terpasangan.

"Supaya pengguna aman karena jalan tol kan masih dalam proses konstruksi," katanya.

Agus berharap, pengendara tidak melaju kencang saat melintasi ruas tol fungsional tersebut. Sedangkan rambu sudah disiapkan untuk menunjang keselamatan pengendara.

"Iya sudah disiapkan. Harapan kami para pengguna jalan tol mau patuh dan taat pada rambu - rambu yang ada," katanya.

Tol fungsional itu dibuka dari Pandaan, Kabupaten Pasuruan hingga Karanglo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Pembukaan jalan tol itu untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi saat musim liburan.

Kompas TV Dalam kunjungan kerjanya ke Aceh, Presiden Joko Widodo melaksanakan peletakan batu pertama jalan Tol Aceh, Jumat (14/12). Pada tahapini, jalan tol akan dibangun dari Blang Bintang, Aceh Besar hingga Sigli.<br /> <br /> Tol Sigli-Banda Aceh akan dibangun dengan panjang total 74 kilometer dengan biaya investasi Rp 12,35 triliun. PembangunanTol Banda Aceh-Sigli akan dilakukan 6 tahap.<br /> <br /> Setelah melakukan peletakan batu pertama Tol Aceh, Presiden Joko Widodo berserta rombongan akan bertolakke Pekanbaru.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com