Mural "Instagrammable" Kini Hiasi Dinding "Flyover" Manahan Solo

Kompas.com - 17/12/2018, 17:36 WIB
Pengunjung saat berfoto di dinding flyover Manahan yang dihiasi mural Pandawa, Senin (17/12/2018). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIPengunjung saat berfoto di dinding flyover Manahan yang dihiasi mural Pandawa, Senin (17/12/2018).

SOLO, KOMPAS.com - Mural berbagai tema nan instagrammable menghiasi dinding-dinding jembatan layang (flyover) Manahan di Kota Solo, Jawa Tengah. Mural menghiasi dinding flyover Manahan bagian barat, timur dan utara sepanjang 2.500 meter.

Mural dinding flyover Manahan bagian barat dan timur dibuat dominan 50 persen berupa garis dan bidang. Ini menggambarkan nuansa kekinian.

Juga sedikit visual karena kendaraan yang melintas harus berjalan pelan sehingga bisa menikmati keindahan mural itu.

Dinding flyover Manahan bagian barat mengambil narasi cerita Ramayana (tokoh pewayangan). Ada lukisan figur Rama, Dewi Sinta, Rahwana dan Hanoman.

Baca juga: Jalan Slamet Riyadi Solo Ditutup Total Saat Malam Pergantian Tahun

Dinding bagian timur terdapat tokoh figur Pandawa Lima. Ada Yusdistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Figur Gatotkaca putra Bima dan Hadimbi juga terlukis di dinding tersebut.

Sementara dinding flyover Manahan bagian utara mengambil cerita tentang lokal hero dan olahraga. Proses pengerjaan mural-mural itu dimulai sejak 5 November 2018 dan ditargetkan selesai 20 Desember 2018.

Meski mural di dinding flyover Manahan tersebut belum seluruhnya selesai dibuat, sudah banyak warga yang berdatangan untuk berswafoto di dekat mural itu.

"Muralnya keren. Selain mengangkat warna-warni, ada pesan yang disampaikan seperti ada gambar wayang, bernuansa budaya Jawa," kata seorang pengunjung, Mardiana Dwi kepada Kompas.com, Senin (17/12/2018).

Baca juga: 5 Panggung Hiburan Disiapkan untuk Menyemarakkan Malam Pergantian Tahun di Solo

Menurut dia, mural tersebut bisa menjadi salah satu tujuan wisata baru di Solo. Karena masyarakat sekarang suka hal baru, kekinian, yang instagramable dan astetik.

"Kaya mural ini. Belum dibuka saja sudah banyak yang memanfaatkan untuk berfoto-foto," ucap dia.

Seniman mural yang juga penggagas mural flyover Manahan Irul Hidayat menjelaskan, mural tersebut bertujuan untuk menguatkan ruang publik. Sehingga memiliki nilai estetik (keindahan).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X