Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Napi yang Kabur dari LP Banda Aceh Ditangkap

Kompas.com - 17/12/2018, 05:30 WIB
Masriadi ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


ACEH UTARA, KOMPAS.com – Tim reserse Polres Aceh Utara menangkap satu narapidana yang kabur dua pekan lalu dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Banda Aceh.

Kali ini yang ditangkap yakni Aiyub M Yunus (29), narapidana dalam kasus pencabulan di Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara.

Saat ditangkap, Aiyub bersembunyi di rumahnya di Desa Lueng Sa, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (16/12/2018).

Baca juga: Rusuh di LP Banda Aceh, 113 Napi Kabur

Kasat Reskrim Polres Aceh Utara Iptu Resky Kholiddiansyah menyebutkan, informasi keberadaan narapidana itu diketahui dari laporan masyarakat.

“Kami intai rumahnya, ternyata benar dia ada di rumah. Saat ditangkap, dia sedang tidur pulas,” kata Iptu Resky.

Dia menyebut, pada Senin (17/12/2018) narapidana itu akan diserahkan ke LP Banda Aceh di Lambaro, Aceh Besar, untuk menjalani proses hukum selanjutnya.

“Kami juga mengimbau agar keluarga napi yang mengetahui keberadaan narapidana itu, untuk menyerahkan diri (napi). Jika tidak, maka kapan pun polisi akan memburu napi yang kabur tersebut,” ujar dia.

Baca juga: LP Banda Aceh Rusuh, Napi Bakar Barang-barang di Dalam Lapas

Sebelumnya diberitakan, dalam rusuh di LP Banda Aceh, ratusan narapidana melarikan diri.

Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak mengintruksikan seluruh jajarannya menangkap narapidana yang kabur tersebut.

Kompas TV Kepolisian daerah bersama Tim Kanwil Kemenkumham Provinsi Aceh terus berupa mengungkap provokator kaburnya 113 napi di Lapas Kelas IIA Banda Aceh yang terjadi pada pekan lalu. Sejumlah napi yang berhasil ditangkap masih ditahan oleh pihak kepolisian untuk diselidiki lebih lanjut. Pemeriksaan terpisah dilakukan oleh pihak kepolisian dan Kemenkumham Provinsi Aceh terkait napi yang berhasil ditangkap serta sejumlah petugas yang berjaga saat kejadian kaburnya napi dilapas. Napi yang belum ditangkap hingga kini berjumlah 78 orang dari 113 napi yang berhasil kabur dari Lapas Kelas IIA Banda Aceh. Pengejaran napi terus dilakukan hingga ke perbatasan provinsi untuk mengantisipasi kaburnya napi ke luar Aceh.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com