Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pipa Pertamina Kembali Bocor, Minyak Mentah Tumpah Cemari Lingkungan

Kompas.com - 15/12/2018, 19:00 WIB
Amriza Nursatria,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PRABUMULIH, KOMPAS.com - Pipa milik PT Pertamina EP Asset 2 Prabumulih, Sumatera Selatan, kembali bocor, Sabtu pagi (15/12/2018).

Kebocoran pipa yang berfungsi mengalirkan minyak mentah itu terjadi di Jalan Anggrek, Kelurahan Prabumulih, Kecamatan Prabumulih Barat.

Sebelumnya, peristiwa serupa terjadi pada 5 Desember 2018 lalu. Akibat kebocoran pipa, ribuan liter minyak mintah tumpah dan mencemari lingkungan perumahan di sekitar lokasi kejadian.

Pantauan di lokasi, minyak mentah berwarna cokelat itu terlihat menggenangi selokan-selokan yang ada di rumah warga. Tanaman yang dilalui aliran minyak juga tampak layu dan berwarna cokelat terkena tumpahan minyak.

Sebuah kolam ikan milik warga yang berada di sisi rel kereta api juga berubah warna menjadi cokelat akibat terkena limbah minyak mentah.

Bambang, ketua RT setempat, mengatakan, ia mengetahui terjadi kebocoran pipa minyak milik Pertamina itu sekitar pukul 06.00 WIB. Saat itu, ia melihat pipa yang berada tepat di depan rumahnya memuncratkan minyak setinggi 4 meter.

Baca juga: Hari ke-4, Limbah Minyak dari Pipa Pertamina yang Bocor Cemari Sungai Masih Terlihat

Tak lama berselang, sejumlah orang berpakaian seragam Pertamina datang dan berusaha menutup pipa minyak yang bocor. Sedangkan petugas lain membersihkan minyak yang mengalir ke kolam dengan cara menyedotnya ke dalam mobil tangki dan mobil skimmer.

Bambang menambahkan, dari informasi yang ia dengar di lokasi, pipa itu bocor akibat mengalami korosi.

“Kejadian sekitar pukul 6 pagi, saya melihat pipa yang ada di depan rumah saya memancarkan cairan minyak setinggi 3 hingga 4 meter,” terangnya.

Sementara itu, Legal and Relation Manager PT Pertamina Asset 2, Sigit Dwi Aryono mengatakan, pipa yang bocor telah diperbaiki sesaat setelah kejadian atau sekitar pukul 7.30 WIB.

Setelah itu, pihak Pertamina juga langsung membersihkan tumpahan minyak dengan mengerahkan kendaraan vaccum agar tumpahan minyak tak sampai masuk ke Sungai Kelekar.

Baca juga: 5 Fakta Pipa Pertamina Bocor di Prabumulih, Warga Sesak Napas hingga Sungai Tercemar

Sedangkan terkait penyebab kebocoran minyak, tambah Sigit, saat masih dalam proses investigasi.

“Perusahaan berkomitmen untuk melakukan pembersihan atas akibat kebocoran pipa hingga tuntas, dan juga bertanggung jawab atas dampak yang timbul dari kejadian tersebut,” katanya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi terlihat sebuah spanduk peringatan agar warga tidak menyalakan api demi mencegah kebakaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com