Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY Instruksikan Semua Atribut Demokrat di Pekanbaru Diturunkan

Kompas.com - 15/12/2018, 17:12 WIB
Idon Tanjung,
Sandro Gatra

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menginstruksikan semua atribut Partai Demokrat yang terpasang dalam rangka penyambutan dirinya di Pekanbaru, Riau, Sabtu (15/12/2018), agar diturunkan.

Hal ini menyusul adanya perusakan atribut Demokrat yang dilakukan orang tidak dikenal.

"Saya perintahkan sekjen dan pimpinan Demokrat di Riau dan Pekanbaru, agar semua atribut ucapan selamat datang atas kunjungan saya ke Riau dan bendera Demokrat diturunkan," ujar SBY pada wartawan, Sabtu.

Baca juga: Bendera Demokrat Dirusak, SBY Elus-elus Dada dan Bilang Ini Menyayat Hati

SBY mengaku, lebih baik mengalah daripada menyaksikan bendera, baliho dan spanduk itu diinjak-injak, dipotong, dirobek hingga dibuang ke selokan.

"Sama artinya menginjak saya, merobek saya dan membuang saya ke selokan. Jadi lebih baik mengalah dan diturunkan," kata SBY.

Presiden RI ke-6 ini mengaku, perusakan tersebut merupakan kenyataan yang pahit saat berkunjung ke Riau.

"Saya sempat tafakur dan mengadu kepada Allah SWT apa yang terjadi. Karena saya ini bukan capres. Saya tidak berkompetisi dengan Bapak Presiden Jokowi. Saya sebagai pemimpin Demokrat, berikhtiar, berjuang dengan cara-cara yang baik, sesuai yang diatur dalam konstitusi dan undang-undang," ungkap SBY.

Baca juga: SBY Pungut Sendiri Beberapa Atribut Partai Demokrat yang Sudah Rusak

Dia juga tak habis pikir hal ini bisa terjadi. Sebab, selama 10 tahun menjadi presiden, sudah mengenali akhlak dan perilaku masyarakat Riau.

"Saya tidak langsung percaya, karena saya kenal betul dengan saudara-saudara saya di Riau ini, yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, kebebasan dan keadilan," ujar SBY.

"Tetapi, sekjen kami dan para pemimpin Demokrat Riau dan Pekanbaru, kerja hingga dini hari membersihkan atribut yang dirusak. Kemudian saya juga melihat langsung atribut Partai Demokrat yang sudah dirusak," tambah SBY.

Baca juga: SBY: Ini Sama Artinya Menginjak, Merobek dan Membuang Saya ke Parit

SBY datang di Pekanbaru, Jumat (14/12/2018) kemarin, bersama istrinya, Ani Yudhoyono.

Kedatangan SBY ke Pekanbaru untuk mengikuti sejumlah kegiatan, diantaranya pelatikan pengurus pimpinan cabang Demokrat hingga mengikuti car free day (CFD) di Pekanbaru.

Baliho, spanduk selamat datang serta bendera Demokrat dipasang disepanjang Jalan Jenderal Sudirman. Atribut tersebut dirusak oleh orang tak dikenal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com