Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Gorontalo Pukul 02.27 WIB

Kompas.com - 15/12/2018, 08:02 WIB
Rosyid A Azhar ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.comGempa bumi tektonik mengguncang Kota Gorntalo, Sabtu (15/12/2018) pukul 03.27 WITA atau pukul 02.27 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa ini memiliki kekuatan 5,2 Magnitudo dengan episenter terletak di Teluk Tomini, 70 km arah selatan Kota Gorontalo pada kedalaman 152 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi laut Sulawesi.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa di wilayah Teluk Tomini ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault),” kata Rahmat Triyono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG dalam rilisnya.

Baca juga: Gempa Bumi Dalam Berkekuatan 4,7 Magnitudo Terdeteksi di Laut Sulawesi

Dampak gempa berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Gorontalo dalam skala intensitas III-IV MMI, Sumalata II-III MMI, serta di Bolaang Mongondow Selatan I-II MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” ujar Rahmat Triyono.

Hingga pukul 04.15 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock). 

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujar Rahmat Triyono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com