Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Ganjar Soal Perekonomian 2019: Jateng Itu Seksi Banget...

Kompas.com - 13/12/2018, 18:45 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo optimistis perekonomian Jateng tumbuh lebih tinggi dibanding tahun 2018 ini. Pertumbuhan ekonomi pada 2019 diyakini pada kisaran 5,7 persen.

"(5,7 persen) kita optimis, dan akan kita terjemahkan dengan tindakan teknis, itu kewajiban pemerintah menjaga keamanan, pemangku kepentingan, bisnis," ucap Ganjar, sesuai acara Outlok Ekonomi Jateng 2019 di MG Suite Semarang, Kamis (13/12/2018).

Pria 50 tahun ini menambahkan, untuk menjaga iklim investasi yang dibutuhkan adalah kenyamanan dan keamanan. Selain itu, kemudahan investasi, insentif pajak, dan berbagai kebijakan lainnya.

Menurut dia, Jawa Tengah berpotensi tumbuh lebih tinggi karena punya daya saing yang lebih dibanding daerah lain. Daya saing antara lain soal kebiasaan masyarakat Jateng, faktor keamanan, faktor upah, dan tanah yang tersedia.

Baca juga: Ganjar Janji Percepat Pembangunan Tanggul Laut Raksasa di Semarang

"Jateng itu seksi banget. Masyarakatnya menyenangkan, aman, upah buruh kompetitif, tanah masih ada. PTSP membantu meladeni, kita dorong partisipasi masyarakat laporkan kalau ada pungli," tambahnya.

Kantor Wilayah Bank Indonesia Jawa Tengah memprediksi pertumbuhan ekonomi Jateng pada tahun 2019 meningkat hingga 5,7 persen. Peningkatan itu salah satunya karena telah selesainya pembangunan ruas tol di provinsi tersebut.

Didorong pembangunan infrastruktur

Kepala Kantor BI Jawa Tengah Hamid Ponco Wibowo menerangkan, pembangunan infrastruktur, terutama jalan tol akan memicu percepatan moda transportasi. Selesainya jalan tol akan memberi nilai tambah karena transportasi menjadi lebih cepat.

Selesainya jalan tol akan menguntungkan daerah yang akan dilewati. Dengan cepatnya moda transportasi, maka potensi pertumbuhan menjadi tidak terelakkan.

Baca juga: Kampanye Pilkada Jateng Disebut Pakai Uang Gratifikasi, Ini Reaksi Ganjar Pranowo

Dengan selesainya tol, perekonomian di Jawa Tengah diprediksi akan tumbuh dibanding tahun 2018 ini. Selain hal itu, tentunya dunia usaha tetap akan mencermati gejolak politik di tahun 2019 nanti.

“Prediksi kami akan ada kenaikan pertumbuhan ekonomi dibanding 2018, sekitar 5,3 hingga 5,7 persen. Untuk pelaku usaha, mereka menunggu sampai pemilu ada kejelasan. Kalau sudah jelas, tentu percaya dan akan masuk,” tambahnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com