Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesaksian Warga Selamatkan Anak-anak di Mobil yang Tenggelam Saat Terobos Banjir

Kompas.com - 13/12/2018, 18:30 WIB
Caroline Damanik

Editor

MUARA BULIAN, KOMPAS.com - Seorang warga bernama Orwansyah mengisahkan pengalamannya saat menyelamatkan penumpang mobil Camat Jangkat Timur, Kabupaten Merangin, Jambi, yang hanyut tenggelam setelah menerobos banjir di Jalan AMD RT 10 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Rabu (12/12/2018).

Orwansyah mengatakan, terdapat lubang besar di sepanjang jalan di area tempat kejadian yang sedang tertutup genangan air setinggi sekitar dua meter. Mobil sempat menghantam lubang yang tertutup genangan air lalu oleng dan hanyut.

"Awal saya sedang memperbaiki antena melihat mobil double cabin warna hitam melaju dari arah Desa Kilangan. Ketika di tengah genangan, mobil tesangkut dan tak lama terlihat mengapung dan hanyut ke arah kanan jalan," ujar Orwansyah, Rabu.

Baca selengkapnya: Mobil Tenggelam Saat Terobos Banjir, 3 Anak Tewas

Dia mengatakan, karena saat itu sedang sendirian, maka dia berbalik arah mengambil rakit. Warga lainnya yang sedang mencuci motor ikut membantu membuka pintu mobil.

“Penumpang yang gemuk duduk paling depan pertama kali diselamatkan. Sementara tiga penumpang yang di belakang masih anak-anak," tuturnya.

Dia menyebutkan, butuh waktu lama untuk bisa mengeluarkan lima orang itu dari dalam mobil karena pintu mobil sulit dibuka.

Saat memberikan pertolongan bersama tiga warga lainnya dan beberapa bocah yang tengah main air di sekitar lokasi kejadian, para korban yang berhasil dikeluarkan langsung dievakuasi ke atas rakit.

"Saat berada di rakit semua korban masih sadar, masih bereaksi dan bernapas," tuturnya

Sebelum kejadian, warga dan anak-anak yang bermain di genangan banjir sekitar lokasi kejadian itu sudah memperingatkan agar pengendara tidak melintas. Namun, mobil tetap melaju menerobos genangan air.

"Kami sudah ngasih tahu jangan lewat. Jalan rusak dan airnya dalam, tapi mereka tetap lewat," ungkap beberapa anak yang sedang bermain di genangan air tersebut.

Tiga anak tewas

Akibat peristiwa ini, tiga anak yang berada di dalam mobil meninggal dunia.

Kasat Lantas Polres Batanghari AKP Nafrizal mengatakan, diduga sebelum kejadian, mobil Mitsubishi Strada BH 8012 FZ melaju dari arah Tempino menuju Muara Bulian. Sesampainya di Jalan AMD, jalan sudah tergenang air.

Mobil berisi Sodri, Rohadi (15), Rohmatul Annisa (12), Afnan Fahrizi (11), dan Hani (11). Semuanya warga Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin.

"Mobil tersebut sudah diperingatkan warga agar tidak melintas di jalan itu, namun pengemudi tidak menghiraukannya. Kendaraan akhirnya terseret arus air dan tenggelam," ujar AKP Nafrizal saat dikonfirmasi, Rabu.

Dia menyebutkan, akibat dari kejadian tersebut, Sodri tidak sadarkan diri. Sementara itu, tiga anak yang juga ada di mobil tersebut meninggal dunia di tempat kejadian tak lama setelah dievakuasi warga dari dalam mobil. Diduga, akibat terlalu lama hanyut.

 

Artikel ini telah tayang di Tribunjambi.com dengan judul Sopir Strada Nekat Terobos Banjir di Bulian, 3 Anak Tewas di Mobil yang Hanyut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com