Unyil Melahirkan, Taman Satwa Cikembulan Tambah Koleksi Orangutan

Kompas.com - 13/12/2018, 06:12 WIB
Seorang penjaga satwa di TSC menunjukan orangutan yang telah melahirkan bersama bayinya di kandang isolasi Kompas.com/ARI MAULANA KARANGSeorang penjaga satwa di TSC menunjukan orangutan yang telah melahirkan bersama bayinya di kandang isolasi

GARUT, KOMPAS.com - Sejak 10 November 2018, kesibukan para penjaga satwa dan tim medis di Taman Satwa Cikembulan (TSC) bertambah. Pasalnya, Unyil seekor orangutan betina yang ada di TSC melahirkan satu bayi orangutan betina.

"Kami terus pantau kondisi kesehatannya sejak pertama melahirkan, Alhamdulillah sekarang sudah mau menyusu dari ibunya langsung," jelas Rudy Arifin, pimpinan TSC saat ditemui Selasa (12/12/2018) di depan kandang orangutan TSC.

Unyil sendiri, beberapa hari sebelum melahirkan memang sudah dipindahkan ke kandang isolasi.


Pemindahan ini, menurutnya, dilakukan setelah melihat Unyil menunjukan gejala-gejala akan melahirkan.

"Dia (Unyil) juga sudah seperti minta dipindahkan ke kandang isolasi, makanya dipindahkan. Tidak lama kemudian, pagi-pagi tepat tanggal 10 November, kami lihat dia sudah melahirkan," katanya.

Baca juga: Bukan Hanya Manusia, Orangutan Sumatera Juga Bisa Bicara Masa Lalu

Rudy menuturkan, meski usia bayi orangutan sudah lebih dari satu bulan, pihaknya terus melakukan pemantauan intensif terhadap Unyil dan bayinya.

Unyil pun mendapat tambahan makanan dan vitamin untuk memastikan bisa menyusui anaknya.

"Kami masih belum kasih nama, kami berharap bupati mau memberi nama sekaligus menjadi orangtua angkatnya," kata Rudi.

Kepala tim medis TSC dr Dian Tresnowikanti menyampaikan, sampai saat ini kondisi bayi orangutan yang baru dilahirkan terlihat cukup sehat.

Apalagi, saat ini sang bayi terlihat sudah mulai menyusu dari induknya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X