Kaesang Pangarep Ajak Mahasiswa Berwirausaha: Tidak Harus Dunia Digital, "Offline" Enggak Masalah

Kompas.com - 12/12/2018, 22:25 WIB
Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep menjadi salah satu pembicara dalam acara seminar nasional di Kampus UNS Solo, Jawa Tengah, Rabu (12/12/2018).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep menjadi salah satu pembicara dalam acara seminar nasional di Kampus UNS Solo, Jawa Tengah, Rabu (12/12/2018).


SOLO, KOMPAS.com - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, mengajak para mahasiswa untuk terjun ke dunia usaha.

"Tidak harus di dunia digital, offline pun enggak masalah. Yang penting orang mau berusaha untuk menjadi wirausaha," ungkap Kaesang, saat menjadi pembicara seminar di UNS Solo, Jawa Tengah, Rabu (12/12/2018).

Kaesang menyebut, banyak tantangan yang harus dihadapi karena sekarang semuanya serba digital.

Baca juga: Cerita Kaesang Pangarep soal Aplikasi Madhang yang Tak Diminati Orang

Semua bisa diakses melalui internet. Sehingga, bisnis yang dibangun harus siap menghadapi perkembangan teknologi.

"Apapun bisa dilihat di online, google, semua bisa. Jadi, kita harus siap dan bisnis yang kita bangun memang harus unik sekali, yang orang lain enggak bisa meniru," ujar dia.

Membangun sebuah usaha atau bisnis memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Bagi Kaesang, semangat untuk membangun usaha dari bawah harus tertanam dalam diri seorang pebisnis.

"Mau modal besar atau kecil, bagi saya itu enggak masalah. Yang penting semangat kita untuk membangun itu dari yang paling kecil, dari minus pun enggak apa-apa. Yang penting ke depannya semakin lebih besar," ucap dia.

Baca juga: Saat Jokowi Bandingkan Minat Gibran, Kaesang, dan Bobby Terjun ke Politik

Ia berharap, ke depan, semakin banyak mahasiswa yang mau terjun ke dunia usaha. Dia menilai, generasi muda, khususunya di Kota Solo, masih cenderung takut terjun ke dunia usaha.

"Makanya di sini saya pengin lebih banyak lagi pengusaha, khususnya anak muda dari Solo untuk berwirausaha," ujar Kaesang.



Close Ads X