Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastikan Gunung Merapi Aman Jelang Natal dan Tahun Baru, Menteri Jonan Tinjau Pos Pantau di Yogyakarta

Kompas.com - 12/12/2018, 20:56 WIB
Wijaya Kusuma,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan Rabu (12/12/2018) malam mengunjungi Pos Pemantuan Gunung Merapi di Kaliurang.

Kunjungannya ini untuk mengetahui langsung perkembangan aktivitas Gunung Merapi saat ini dan terutama potensi selama musim libur Natal dan Tahun Baru.

Sekitar pukul 18.53 WIB Menteri ESDM Ignasius Jonan tiba di pos pemantuan Gunung Merapi Kaliurang, Sleman. Kedatangan Ignasius Jonan disambut oleh Kepala PVMBG Kasbani, Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaida, dan Kasi Gunung Merapi Agus Budi Santoso.

Jonan lantas mendengarkan penjelasan Kepala PVMBG Kasbani mengenai kondisi terkini Gunung Merapi.

Baca juga: Aktivitas Gunung Merapi Tidak Signifikan, Warga Diminta Tenang

"Jadi inikan sebentar lagi dimulai kegiatan operasi Natal dan tahun baru, kalau enggak salah dimulai tanggal 17 atau 18 Desember," ujar Jonan, Rabu (12/12/2018)

Jonan menjelaskan kedatangannya ke Pos Pemantuan di Kaliurang untuk mengetahui perkembangan aktivitas Gunung Merapi terkini. Lebih khusus lagi, guna melihat potensi aktivitas selama libur Natal dan tahun baru.

"Kami mendahului, untuk antisipasi apakah ada yang perlu dipersiapkan apabila kegiatan vulkanis gunung-gunung berapi meningkat atau tidak. Salah satunya sekarang kami melihat Gunung Merapi di pos Kaliurang," bebernya

Baca juga: Jonan Janji Finalisasi Divestasi Saham Freeport Rampung Akhir 2018

Menurutnya dari laporan, status Gunung Merapi saat ini masih waspada atau level II. Dari hasil data pengamatan, tidak akan terjadi erupsi besar setidaknya sampai Januari 2019.

"Dari laporan, bahwa potensi sampai ke, mungkin sampai ke awal Januari untuk adanya erupsi yang besar semestinya enggak. Kalau toh ada ya mungkin hanya guguran lava, hanya muntah saja dari kawah yang agak penuh, " tegasnya.

Fase magmatik

Sementara itu, Kepala PVMBG Kasbani menambahkan saat ini Gunung Merapi memasuki fase magmatik dengan tipe erupsi efusif. Radius bahaya 3 Km dari puncak gunung Merapi.

"Kubah lava baru kondisinya saat ini masih stabil dan saat ini (Sebaran material) sudah meliputi seluruh kawah, maka di ujung-ujungnya ada potensi terjadi guguran. Perkembangan pembentukan kubah lava sangat lambat, jauh jika dibandingkan tahun 2006 dan 2010 lalu," pungkasnya. 

Baca juga: Pastikan Keselamatan Arus Mudik, Menteri Jonan Pantau Aktivitas Merapi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com