Utut Beri Rp 150 Juta kepada Bupati Tasdi untuk Bantu Ganjar di Pilkada Jateng

Kompas.com - 12/12/2018, 15:04 WIB
Utut Adianto bersumpah sebelum menjalani pemeriksaan di Pengadilan Tipikor Semarang, Rabu  (12/12/2018) KOMPAS.com/NAZAR NURDINUtut Adianto bersumpah sebelum menjalani pemeriksaan di Pengadilan Tipikor Semarang, Rabu (12/12/2018)

SEMARANG, KOMPAS.com — Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto hadir dalam sidang di Pengadilan Tipikor Semarang, Jawa Tengah, Rabu (12/12/2018).

Ia diperiksa sebagai saksi atas perkara dugaaan suap dan gratifikasi Bupati Purbalingga nonaktif Tasdi.

Dalam keterangannya, Utut mengakui telah memberi uang Rp 150 juta kepada Tasdi. Uang itu diberikan untuk tambahan modal pemenangan pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin di Pilgub Jateng 2018 lalu.

"Benar, pernah berikan. Tanggal, saya gak hafal, tapi tahun 2018 ini ada Pilgub Jateng," ujar Utut menjawab pertanyaan jaksa KPK dalam sidang.


Utut sendiri mengaku kenal dengan terdakwa karena Tasdi menjabat sebagai ketua DPC PDI-P Purbalingga. Perkenalan pertama diakui saat Tasdi masih menjabat sebagai ketua DPRD Purbalingga.

"Saya calon anggota legislatif, dia pimpinan DPC Purbalingga," katanya.

Baca juga: Sidang Kasus Suap Bupati Purbalingga, Utut Adianto Lagi-lagi Tak Hadir untuk Bersaksi

Utut mengakui telah memberikan uang tersebut, namun tidak secara langsung. Uang Rp 150 juta dianggap sebagai iuran gotong royong kader partai untuk memenangkan pasangan calon di Pilkada Jawa Tengah.

"Gotong royong itu semampunya, kalau saya kasih Rp 150 juta, ada yang urun makan, urun sound, dan sebagainya. Itu gak ada standar baku," tambahnya.

Dikatakannya, pemberian uang Rp 150 juta itu bukan dalam rangka kegiatan kedinasan. Uang diberikan untuk kegiatan partai dan modal memenangkan pasangan calon di Pilkada Jateng.

"Ini bukan acara pemerintah, tapi (acara) partai dalam rangka memenangkan Mas Ganjar," tambahnya.

Uang itu diberikan melalui staf dan diterima oleh utusan Tasdi. Namun, Utut di dalam sidang mengaku tidak tahu staf siapa yang diutus memberi uang tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X