Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditargetkan Selesai Akhir Tahun, Jembatan Musi IV Mulai Uji Beban

Kompas.com - 12/12/2018, 09:05 WIB
Aji YK Putra,
Khairina

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.com -  Proyek pengerjaan Jembatan Musi IV yang berada di Kecamatan Ilir Timur II Palembang, Sumatera Selatan ditargetkan rampung pada Desember 2018.

Menjelang penyelesaian jembatan, pihak Adhi Karya selaku kontraktor pembangunan mulai melakukan uji beban selama dua hari, yang berlangsung pada Selasa (11/12/2018) hingga Rabu (12/12/2018).

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Musi IV Palembang Suwarno mengatakan, uji beban itu dimulai pukul 21.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

Sebanyak 44 truk dengan muatan pasir basah pun nantinya akan dinaikan satu per satu ke atas jembatan. 

"Satu truk dengan beban 35 ton per unit itu, akan diparkirkan diatas jembatan, nanti akan dilihat lengkungan jembatan itu sesuai tidak dengan rencana yang sudah ditentukan. Target selesai pada akhir tahun ini,” kata Suwarno, Selasa (11/12/2018).

Baca juga: Jembatan Musi IV Palembang Gunakan Teknologi Anti Gempa

Suwarno melanjutkan, dalam proses uji coba, akan ada 5 skema yang dilakukan, yakni dengan meletakkan truk di bentang tengah dan di bentang tepi jembatan. 

“Untuk di  bentang tengah akan diletakkan 20 truk sementara untuk di bentang tepi akan diparkir masing-masing sebanyak 12 truk,” ujarnya.

Hasil uji coba beban jembatan, nantinya akan dilihat lengkung jembatan dan dilakukan evaluasi apakah lengkung jembatan saat dibebani kendaraan bertonase berat, sesuai dengan rencana awal,

“Dalam perencanaan awal, lengkung bentang tengah jembatan saat diparkir sebanyak 20 truk tidak boleh lebih dari 17,5 sentimeter. Untuk bentang tepi lengkungan tidak boleh lebih dari 8,3 sentimeter,” kata Suwarno. 

Jembatan Musi IV nantinya akan digunakan untuk akses jalan di Palembang. Selama ini, akses penghubung jembatan antara hu dan hilir hanya menggunakan dua jembatan yakni Ampera dan Musi II.

 

Kompas TV Dua remaja korban penyiraman air keras melaporkan pelakunya ke sentra pelayanan kepolisian terpadu polresta Palembang. Akibat penyiraman dengan air keras, kedua remaja mengalami luka bakar di bagian wajah. Penyiraman air keras terjadi setelah korban menegur seorang pengendara motor yang hampir menabrak mereka akibat mengendarai motor secara ugal-ugalan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com