Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Bogor Bima Arya Minta Pemprov Jabar Bantu Korban Puting Beliung

Kompas.com - 11/12/2018, 17:32 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bogor Bima Arya berharap Pemprov Jawa Barat membantu Pemkot Bogor dalam proses rehabilitasi rumah rusak akibat angin puting beliung.

Hal itu dikatakan Bima saat ditemui disela acara Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Jabar dan Banten (BJB) di Hotel Aryaduta, Bandung, Selasa (11/12/2018).

Bima mengatakan, telah mengajukan dana sekitar Rp 15 miliar untuk perbaikan rumah warga. Hingga saat ini, kata Bima, Pemkot Bogor mencatat ada 1821 rumah warga yang rusak, 40 persen diantaranya mengalami rusak berat.

"Kami menyampaikan jumlah rumah terdampak nambah jadi 1.821 sehingga membutuhkan dana yang lebih besar lagi. Kami sampaikan itu kepada Pak Gubernur, dan Pak Gubernur berjanji akan merespons itu. Ajuannya Rp 15 miliar untuk perbaikan rumah terdampak. 40 persen rusak berat sisanya menengah dan ringan," tutur Bima.

Baca juga: Dampak Puting Beliung di Bogor, Satu Orang Tewas hingga 770 Rumah Rusak

Jika disetujui, Bima akan membagi dana bantuan perbaikan dalam tiga kategori.

"Minimal cukup, kita hitung rusak berat itu Rp 11 juta, sedang Rp 7 juta ringan Rp 5 juta. Hari Sabtu Pak Gubernur akan ke Bogor meninjau lokasi," katanya.

Selain ke Pemprov Jabar, Bima juga sudah mengajukan bantuan kepada pemerintah pusag. Bahkan Presiden Joko Widodo turut memberikan bantuan pribadi sebesar Rp 30 juta.

"Semua kita ajukan ke pemerintah pusat juga, ke Presiden Jokowi secara pribadi sudah mengirimkan bantuannya juga. Hari ini kita terima bantuan pribadi dari Presiden. (bantuannya) Rp 30 juta spontan ya tapi saya kira akan ditindaklanjuti dengan bantuan pemerintah secara resmi," jelasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com