Wali Kota Bogor Bima Arya Minta Pemprov Jabar Bantu Korban Puting Beliung

Kompas.com - 11/12/2018, 17:32 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya saat ditemui disela acara Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Jabar dan Banten (BJB) di Hotel Aryaduta, Bandung, Selasa (11/12/2018). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIWali Kota Bogor Bima Arya saat ditemui disela acara Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Jabar dan Banten (BJB) di Hotel Aryaduta, Bandung, Selasa (11/12/2018).

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bogor Bima Arya berharap Pemprov Jawa Barat membantu Pemkot Bogor dalam proses rehabilitasi rumah rusak akibat angin puting beliung.

Hal itu dikatakan Bima saat ditemui disela acara Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Jabar dan Banten (BJB) di Hotel Aryaduta, Bandung, Selasa (11/12/2018).

Bima mengatakan, telah mengajukan dana sekitar Rp 15 miliar untuk perbaikan rumah warga. Hingga saat ini, kata Bima, Pemkot Bogor mencatat ada 1821 rumah warga yang rusak, 40 persen diantaranya mengalami rusak berat.

"Kami menyampaikan jumlah rumah terdampak nambah jadi 1.821 sehingga membutuhkan dana yang lebih besar lagi. Kami sampaikan itu kepada Pak Gubernur, dan Pak Gubernur berjanji akan merespons itu. Ajuannya Rp 15 miliar untuk perbaikan rumah terdampak. 40 persen rusak berat sisanya menengah dan ringan," tutur Bima.

Baca juga: Dampak Puting Beliung di Bogor, Satu Orang Tewas hingga 770 Rumah Rusak

Jika disetujui, Bima akan membagi dana bantuan perbaikan dalam tiga kategori.

"Minimal cukup, kita hitung rusak berat itu Rp 11 juta, sedang Rp 7 juta ringan Rp 5 juta. Hari Sabtu Pak Gubernur akan ke Bogor meninjau lokasi," katanya.

Selain ke Pemprov Jabar, Bima juga sudah mengajukan bantuan kepada pemerintah pusag. Bahkan Presiden Joko Widodo turut memberikan bantuan pribadi sebesar Rp 30 juta.

"Semua kita ajukan ke pemerintah pusat juga, ke Presiden Jokowi secara pribadi sudah mengirimkan bantuannya juga. Hari ini kita terima bantuan pribadi dari Presiden. (bantuannya) Rp 30 juta spontan ya tapi saya kira akan ditindaklanjuti dengan bantuan pemerintah secara resmi," jelasnya. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X