Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Tangki Pertamina Terperosok, BBM Tumpah dan Jadi Rebutan Warga

Kompas.com - 11/12/2018, 14:35 WIB
Junaedi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PASANGKAYU, KOMPAS.com — Sebuah mobil tangki bermuatan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium milik Pertamina terperosok ke dalam jurang di Desa Topore, Kecamatan Tappalang, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Selasa (11/12/2018) subuh.

Sebanyak 16 ton BBM tumpah ke jalan dan menjadi rebutan warga.

Mobil tangki yang dikemudikan Aco (27) mengalami kecelakaan lantaran menghindari tabrakan dengan mobil lain dari arah depan.

Kondisi jalan licin diguyur hujan membuat truk tangki oleng dan tak mampu dikendalikan sopir. Truk tangki pun terperosok ke bibir jurang.

Truk tangki itu berangkat dari Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, menuju Tarailu, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

 

Baca juga: Hilang Kendali, Truk Tangki Pertamina Panjat Pagar Pembatas Fly Over

Hamid, salah satu warga yang ikut berebut BBM, mengatakan, ia datang ke lokasi mobil tangki yang terperosok karena BBM di SPBU kosong sejak beberapa hari terakhir.

Hamid sebelumnya ke Pertamina setempat, namun tak mendapatkan BBM. Begitu mendapati ada tumpahan BBM, ia berinisiatif menadah agar bahan bakar yang sulit didapat itu tidak terbuang percuma di jalan raya.

“Tadi saya ke Pertamina, tapi tidak ada BBM, begitu saya melintas saya lihat mobilnya kecelakaan dan BBM tumpah di jalan. Daripada terbuang percuma lebih baik ditadah,” ujar Hamid.

Sopir tangki Pertamina, Aco, menyebutkan, saat kecelakaan itu terjadi, cuaca sedang hujan lebat sehingga menyebabkan jarak pandang terhalang. Saat berusaha mendaki, truk oleng karena menghindari tabrakan dengan sebuah mobil lain di depan.

“Kondisi jalannya licin karena sedang hujan deras, terus saya hindari tabrakan dengan mobil dari arah depan hingga terperosok masuk jurang. Beruntung tangkinya tidak terbalik,” ujar  Aco.

Baca juga: Stok BBM Masih Aman, Pertamina Pantau Kondisi Nduga Papua

Hingga kini mobil tangki masih tertahan di lokasi kejadian. Rencananya, 16 ton BBM tersebut akan didistribusikan ke SPBU setempat. Namun, belum sampai ke lokasi tujuan, mobil ini mengalami kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com