Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Utama DPW PAN Kalsel Alihkan Dukungan ke Jokowi-Ma'ruf

Kompas.com - 10/12/2018, 11:53 WIB
Caroline Damanik

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com — Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Kalimantan Selatan mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Ketua DPW PAN Kalimantan Selatan Muhidin mengungkapkan, pihaknya memiliki sejumlah alasan untuk mengalihkan dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf.

Alasan utamanya, mereka tak berani berbeda suara dengan mayoritas warga di provinsi itu. Menurut Muhidin, mayoritas warga Kalsel memiliki penilaian positif terhadap pembangunan di era Jokowi.

"Pembangunan harus dilakukan dua periode. Karena kalau hanya satu kali, program pemerintah tidak maksimal. Contohnya saya menjabat Wali Kota Banjarmasin di dua periode, bisa membangun Banjarmasin," ujar Muhidin, seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima, Minggu (9/12/2018).

Muhidin mencontohkan dirinya yang menjabat Wali Kota Banjarmasin selama dua periode dan bisa membangun Kota Banjarmasin.

Deklarasi dukungan terhadap pasangan Jokowi-Ma'ruf digelar di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin, Minggu. Surat deklarasi dukungan juga sudah diserahkan kepada Tim Kampanye Daerah Jokowi-Ma'ruf Kalimantan Selatan.

Menurut Muhidin, DPP PAN mengetahui soal rencana deklarasi dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf Amin tersebut. 

"DPP PAN Pusat mengerti dan sudah tahu," imbuhnya.

Baca juga: PAN Alihkan Dukungan di Kalimantan Selatan, Ini Respons Tim Jokowi-Maruf

Menurut Muhidin, sejauh ini belum ada tanggapan dari DPP PAN apakah akan memberi sanksi atau tidak. Mereka menunggu reaksi DPP PAN atas perbedaan sikap serta posisi itu dan siap menerima sanksi apa pun.

Muhidin berharap, seluruh kader PAN dan masyarakat di Kalimantan Selatan turut mendukung kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Dia mengaku sudah menginstruksikan seluruh kader PAN di provinsi itu untuk mendukung pasangan nomor urut 01.

"Saya berharap kepada seluruh kader untuk ikut. Jadi, saya ke Jokowi, yang lain juga ikut," kata dia.

Sebelumnya, Dewan Pengurus Daerah (DPD) PAN Kabupaten Tanah Bumbu sudah lebih dulu mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin. Para pengurus partai itu siap mempertanggungjawabkan dukungannya kepada pengurus pusat partai.

Deklarasi dukungan kepada Jokowi-Kiai Ma'ruf dilaksanakan dalam acara yang dilakukan di Batulicin, Tanah Bumbu, pada Minggu (2/12/2018).

Ketua DPD PAN Tanah Bumbu Sudian Noor menyatakan, pihaknya siap menghadapi bila DPP PAN memberi sanksi organisasi karena mengalihkan dukungan dari pasangan Prabowo-Sandiaga.

"Saya siap menerima sanksi apa pun dari DPP PAN," kata Sudian dalam siaran pers tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com