Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Ridwan Kamil Ungkap Alasan Belum Tempati Rumah Dinas Gubernur

Kompas.com - 10/12/2018, 10:12 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Hampir tiga bulan Ridwan Kamil dilantik jadi Gubernur Jawa Barat. Namun, hingga kini ia belum menempati Gedung Pakuan, rumah dinasnya yang berlokasi di Jalan Cicendo, Kota Bandung.

Ridwan Kamil mengatakan, banyak barang di Gedung Pakuan yang kosong. Hal itulah yang membuat ia masih tinggal di rumah botol, kediaman pribadinya di kawasan Cigadung, Kota Bandung.

"Ya enggak ada barang yang bisa saya pakai. Kararosong (kosong),” kata Emil, sapaan akrabnya, Senin (10/12/2018).

Emil menuturkan, saat ini Gedung Pakuan tengah direnovasi agar lebih nyaman. Rencananya, ia baru pindah ke Gedung Pakuan mulai awal tahun depan.

Baca juga: Ultah Pernikahan, Ridwan Kamil Unggah Foto-foto Mesra

"Ya belum (ditempati) saja kan nunggu anggaran beli kasur, beli bantal dan lain-lain,” ujarnya.

Lebih luas

Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya mengatakan, renovasi dilakukan mengingat bangunan itu sudah cukup tua. Perbaikan itu meliputi kamar tidur, dapur dan ruang kumpul keluarga.

"Belum pindah, tempat tinggal itu harus buat feel kita nyaman dulu ya. Gedung Pakuan itu usianya lebih dari 100 tahun. Jadi memang sudah sangat tua tapi terawat. Renovasinya lebih kepada ruang tidur, dapur kecil, karena dapur sekarang kan jauh. Ruang kumpul keluarga saja," tuturnya.

Dia mengatakan, suasana Gedung Pakuan dan rumah dinas wali kota (Pendopo) jelas berbeda. Gedung Pakuan, kata Atalia, jauh lebih luas dari Pendopo Kota Bandung.

"Dari sisi luasnya saja sudah beda, tapi dua-duanya bangunan heritage keren, tapi feel kita harus nyaman dulu. Pas masuk rada sepi," jelasnya. 

Baca juga: Ridwan Kamil Siapkan Rp 100 Miliar untuk Program 1 Pesantren 1 Produk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com