Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Napi Kabur dari Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru Dipastikan Hoaks

Kompas.com - 09/12/2018, 23:02 WIB
Citra Indriani,
Khairina

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Beredar informasi terkait 40 orang narapidana kabur dari rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Sialang Bungkuk Pekanbaru, Riau, Minggu (9/12/2018). Informasi ini beredar di media sosial.

Kepala Rutan Kelas IIA Sialang Bungkuk Pekanbaru Riko Stiven menyampaikan bahwa informasi tersebut hoaks.

"Dipastikan hoaks. Ini hoaksnya ngeri banget ya. Masak pelarian 40. Saya di rutan ngecek-ngecek di depan kok. Enggak ada yang kabur. Saya bingung jadinya ada info seperti itu," ungkap Riko saat dikonfirmasi Kompas.com melalui seluler, Minggu.

Baca juga: 113 Napi Kabur di Banda Aceh, Pemerintah Didesak Atasi Overcrowding Lapas

Selain ada napi yang kabur, juga beredar kabar bahwa terjadi kerusuhan antarnapi di Rutan Sialang Bungkuk tersebut.

"Enggak ada kerusuhan. Saya bingung ada (informasi) kerusuhan. Kami malam memang melakukan pemindahan rutin warga binaan yang sudah putus pengadilan. Ini namanya rumah tahanan, jadi setelah putus pengadilan (napi) dipindahkan ke lapas-lapas. Jadi informasi itu hoaks," jelas Riko.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto juga menyampaikan bahwa informasi napi kabur adalah hoaks.

"Informasi ada selisih paham antara napi. Tidak ada yang kabur dan Humas Polda Riau tidak membuat berita sebagaimana yang beredar. Itu adalah hoaks yang mengatasnamakan Humas Polda Riau," kata Sunarto.

Kompas TV Kepolisian daerah bersama Tim Kanwil Kemenkumham Provinsi Aceh terus berupa mengungkap provokator kaburnya 113 napi di Lapas Kelas IIA Banda Aceh yang terjadi pada pekan lalu. Sejumlah napi yang berhasil ditangkap masih ditahan oleh pihak kepolisian untuk diselidiki lebih lanjut. Pemeriksaan terpisah dilakukan oleh pihak kepolisian dan Kemenkumham Provinsi Aceh terkait napi yang berhasil ditangkap serta sejumlah petugas yang berjaga saat kejadian kaburnya napi dilapas. Napi yang belum ditangkap hingga kini berjumlah 78 orang dari 113 napi yang berhasil kabur dari Lapas Kelas IIA Banda Aceh. Pengejaran napi terus dilakukan hingga ke perbatasan provinsi untuk mengantisipasi kaburnya napi ke luar Aceh.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com