Kabar Napi Kabur dari Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru Dipastikan Hoaks

Kompas.com - 09/12/2018, 23:02 WIB
Ilustrasi tahanan.THINKSTOCKPHOTOS Ilustrasi tahanan.

PEKANBARU, KOMPAS.com - Beredar informasi terkait 40 orang narapidana kabur dari rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Sialang Bungkuk Pekanbaru, Riau, Minggu (9/12/2018). Informasi ini beredar di media sosial.

Kepala Rutan Kelas IIA Sialang Bungkuk Pekanbaru Riko Stiven menyampaikan bahwa informasi tersebut hoaks.

"Dipastikan hoaks. Ini hoaksnya ngeri banget ya. Masak pelarian 40. Saya di rutan ngecek-ngecek di depan kok. Enggak ada yang kabur. Saya bingung jadinya ada info seperti itu," ungkap Riko saat dikonfirmasi Kompas.com melalui seluler, Minggu.


Baca juga: 113 Napi Kabur di Banda Aceh, Pemerintah Didesak Atasi Overcrowding Lapas

Selain ada napi yang kabur, juga beredar kabar bahwa terjadi kerusuhan antarnapi di Rutan Sialang Bungkuk tersebut.

"Enggak ada kerusuhan. Saya bingung ada (informasi) kerusuhan. Kami malam memang melakukan pemindahan rutin warga binaan yang sudah putus pengadilan. Ini namanya rumah tahanan, jadi setelah putus pengadilan (napi) dipindahkan ke lapas-lapas. Jadi informasi itu hoaks," jelas Riko.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto juga menyampaikan bahwa informasi napi kabur adalah hoaks.

"Informasi ada selisih paham antara napi. Tidak ada yang kabur dan Humas Polda Riau tidak membuat berita sebagaimana yang beredar. Itu adalah hoaks yang mengatasnamakan Humas Polda Riau," kata Sunarto.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X