Pelabuhan Tanjung Api-Api Berubah Fungsi Jadi Pelabuhan Angkutan Barang

Kompas.com - 09/12/2018, 08:37 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika melakukan kunjungan kerja di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (8/12/2018). KOMPAS.com / Aji YK PutraMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika melakukan kunjungan kerja di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (8/12/2018).

PALEMBANG, KOMPAS.com  - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA) di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan yang selama ini digunakan untuk mengangkut penumpang akan diubah menjadi pelabuhan khusus angkutan barang.

Perubahan fungsi dikarenakan belum maksimalnya penggunaan pelabuhan TAA untuk penumpang yang menuju ke pulau Bangka Beltung.

“Ide mengubah dari sebelumnya pelabuhan penumpang menjadi pelabuhan barang berdasarkan kajian dari Dinas Perhubungan Sumsel karena fungsinya belum maksimal penggunaannya untuk pelabuhan penumpang. Jadi akan digunakan untuk pelabuhan khusus barang,” kata Budi ketika berada di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (8/12/2018).

Budi melanjutkan, operator pelabuhan bakal dialihkan dari Pelindo ke Angkutan Sungai dan Penumpang (ASDP). Akan tetapi, pengalihan ini akan dilakukan secara bertahap, setelah ASDP melakukan studi di pelabuhan TAA.

“Jadi nantinya pelabuhan penumpang akan dilakukan di pelabuhan sekarang (boombaru). Sedangkan untuk pelabuhan barang, akan dilakukan di pelabuhan TAA,” terangnya.

Meskipun digunakan sebagai khusus barang, pelabuhan TAA masih belum bisa dilewati kapal besar dikarenakan draft yang belum mumpuni dan hanya bisa dilewati kapal yang mengangkut muatan 2.000 GT atau setara dengan muatan kapal pengangkut 500 penumpang.

“Tapi, kalau untuk kapal batubara masih muat. Direncanakan Januari atau Februari telah beroperasi,” ujarnya.

Budi berharap dengan perubahan fungsi dan pengalihan operator, margin yang dihasilkan bisa menjadi lebih baik.

“Kita targetkan beroperasi dulu dengan baik (pelabuhan TAA),” kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X