Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat dari Serangan KKB di Nduga Papua, Irawan Dipulangkan ke Garut

Kompas.com - 09/12/2018, 07:55 WIB
Agie Permadi,
Krisiandi

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Irawan Maulana (22), korban selamat dalam peristiwa penyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) terhadap pekerja di Nduga Papua, akan dipulangkan ke kampung halamannya di Garut, Jawa Barat.

"Direncanakan korbandijemput oleh personel Sat Brimob Polda Jabar pada Hari Minggu tanggal 9 Desember 2018 di Bandara Soekarno-Hatta dan pada Senin (10/12/2018) akan diantar ke rumah korban di Kota Garut," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudho Wisnu Andiko, dalam pesan singkatnya, Sabtu (8/12/2018).

Dijelaskan, Irawan merupakan salah satu korban selamat pada peristiwa penyerangan terhadap pekerja di Ndunga Papua.

Irawan merupakan warga Kampung Papandak, Desa Suka Menak Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut.

"Irawan Maulana, berhasil diselamatkan oleh Pasukan Polri dan TNI yang bertugas menanggulangi KKB di Nduga Papua," kata Truno.

Baca juga: Tiga Jenazah Korban Pembantaian di Nduga Dijemput Keluarga di Palu

Menurutnya, pada saat kejadian, korban bertugas memasang kabel. "Pada saat kejadian sedang bertugas memasang kabel telkom di salah satu provider telkom di pembangunan PT. Istaka Karya dan telah bekerja di wil Papua selama 8 bulan," ujarnya.

Diberitakan, kelompok bersenjata di Papua, Sabtu (1/12/2018), membunuh 20 orang Kabupaten Nduga. Korban terdiri dari 19 pekerja yang sedang mengerjakan proyek jembatan Kali Yigi-Kali Arak di Jalur Trans Papua. Seorang korban lagi merupakan personel TNI. 

Kompas TV Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin mengakui, sebagian warga di Kabupaten Nduga, Papua, menolak kehadiran TNI-polri.<br /> <br /> Saat ini, di Kabupaten Nduga, hanya ada satu polsek dan koramil.<br /> <br /> Polri saat ini tengah meningkatkan status polsek menjadi polres, setelah ada permintaan dari Bupati Nduga.<br /> <br /> Menurut Kapolda Papua, meningkatnya kasus kekerasan oleh kelompok kriminal bersenjata di Nduga, Polda Papua dan Kodam XVII Cenderawasih segera menempatkan pasukan TNI polri di wilayahini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com