Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir dan Longsor Landa Pacitan, 4 Orang Tewas dan 236 Mengungsi

Kompas.com - 08/12/2018, 15:46 WIB
Caroline Damanik

Editor

KOMPAS.com - Banjir dan tanah longsor melanda wilayah Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Jumat (7/12/2018) sekitar pukul 20.30 WIB. Akibatnya, 4 orang tewas dan 236 orang mengungsi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, empat orang masih tertimbun longsor, namun dipastikan meninggal dunia.

"Saat ini masih dilakukan proses evakuasi oleh Tim dari Basarnas. Lokasi pencarian dilakukan di Dusun jambu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung," kata Sutopo seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima.

Keempat korban adalah Misgiman (62), Sogirah (46), Bogiyem (72), dan Katinem (58).

Sementara itu, berdasarkan laporan yang diterima, banjir dan longsor diawali dengan hujan deras pada sore hari di wilayah tersebut.

"Pukul 20.30 WIB, air sungai meluap akibat tidak mampu menampung debit air dan mulai masuk ke pemukiman warga di Desa Purwoasri, Desa Kayen, Desa Kebonagung, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, dengan ketinggian air antara 30 - 50 cm," tambahnya.

Banjir dan tanah longsor melanda wilayah Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Jumat (7/12/2018) sekitar pukul 20.30 WIB. Akibatnya, 4 orang tewas dan 236 orang mengungsi.dok BNPB Banjir dan tanah longsor melanda wilayah Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Jumat (7/12/2018) sekitar pukul 20.30 WIB. Akibatnya, 4 orang tewas dan 236 orang mengungsi.

Sejumlah wilayah yang terdampak banjir adalah Dusun Jelok, Desa Kayen (217 jiwa mengungsi), Dusun Wetih, Desa Purwoasri (4 jiwa mengungsi), Dusun Krajan, Desa Sirnoboyo (3 jiwa mengungsi), dan Dusun Jambu, Desa Sidomulyo (12 jiwa mengungsi)

Sutopo menambahkan, lebih dari 200 personel dari bernagai institusi terlibat dalam operasi evakuasi dan penanganan di bawah komando BPBD Pacitan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com