Cuaca Buruk Landa Tasikmalaya, Pohon Tepi Jalan Tumbang hingga Rumah Rusak - Kompas.com

Cuaca Buruk Landa Tasikmalaya, Pohon Tepi Jalan Tumbang hingga Rumah Rusak

Kompas.com - 07/12/2018, 20:30 WIB
Petugas BPBD Kota Tasikmalaya dibantu kepolisian serta warga setempat sedang mengevakuasi pohon tumbang di Jalan AH Nasution, Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jumat (7/12/2018).KOMPAS. com/IRWAN NUGRAHA Petugas BPBD Kota Tasikmalaya dibantu kepolisian serta warga setempat sedang mengevakuasi pohon tumbang di Jalan AH Nasution, Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jumat (7/12/2018).


TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Cuaca buruk hujan disertai angin puting beliung melanda wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmaya pada Jumat (7/12/2018) sore.

Beberapa pohon tumbang di pinggir jalan dan beberapa rumah mengalami kerusakan ringan akibat terjangan angin.

Beberapa lokasi seperti Jalan AH Nasution, Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, sampai ke Jalan Singaparna, terlihat macet antrean kendaraan.

Sebab, jalan provinsi antara kota dan kabupaten tersebut ke arah Garut, sempat terhalang pohon perindang jalan yang tumbang.

Baca juga: Pohon Tumbang dan Timpa SUTM, Listrik Padam di Enam Wilayah Depok

Beruntung, saat kejadian, tak menimpa motor atau mobil yang melintas di lokasi kejadian.

"Kejadian pohon tumbang di dua titik, yakni di Jalan AH Nasution, Perbu Mangkubumi, dan Cipawitra, Mangkubumi. Satu jalur jalan dua titik dari arah kota ke Singaparna dan Garut," kata Manajer Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Kota Tasikmalaya, Harisman, kepada wartawan, Jumat petang.

Harisman menambahkan, selain pohon tumbang, pihaknya pun mendapatkan laporan ada beberapa rumah rusak ringan dan tertimpa pohon di wilayah Karikil, Kecamatan Mangkubumi.

Beberapa rumah juga ada yang atapnya rusak akibat terbawa angin kencang disertai hujan deras.

"Kita juga ada laporan beberapa rumah rusak ringan akibat angin kencang dan hujan tadi," tambah dia.

Meski demikian, dalam kejadian tersebut tak sampai ada korban jiwa dan telah dilakukan evakuasi oleh petugas BPBD.

Pihaknya saat menuju lokasi sempat terkendala titik lokasi dari laporan warga karena lokasinya berbeda, meski masih di satu Kecamatan Mangkubumi.

Baca juga: Banyak yang Tumbang, 6 Juta Pohon di Jakarta Akan Dicek

"Tak ada kendala yang berarti, cuma tadi laporan dari masyarakat terkait titik-titik yang terkena bencana sempat simpang siur dari warga. Tapi kita berhasil menemukannya," pungkas dia.

Kejadian tersebut sempat membuat padam listrik beberapa jam sampai akhirnya bisa normal kembali pasca-petugas PLN setempat langsung ke lokasi kejadian.

Kini, arus lalu lintas kembali normal setelah sempat terjadi kemacetan saat evakuasi pohon tumbang yang menghalangi jalan tersebut.


Terkini Lainnya


Close Ads X