Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selang Alkon Lepas Saat Pengisian BBM, Rumah dan Kamar Kos Terbakar

Kompas.com - 06/12/2018, 23:56 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Khairina

Tim Redaksi

TERNATE,KOMPAS.com-Sebuah rumah warga dan sejumlah kamar kos-kosan di Lingkungan Tanah Raja, Kelurahan Muhajirin, Kota Ternate, Maluku Utara terbakar, Kamis (6/12/2018).

Menurut Adil Syahril, salah satu saksi mata, kebakaran bersumber dari percikan api ketika selang dari mesin alkon BBM jenis minyak tanah terlepas.

“Pada saat pengisian minyak tanah dari mobil tanki BBM ke drum, tiba-tiba selang dari mesin alkon terlepas sehingga menyebabkan minyak tanah menjalar ke tanah. Begitu selang dipasang kembali maka tiba-tiba ada percikan api,” ujarnya.

Baca juga: Kebakaran Ludeskan Belasan Rumah di Samarinda

Percikan api tersebut menyebabkan api begitu cepat menjalar ke drum hingga ke warung tempat penyimpanan minyak tanah.

"Jalan tadi penuh dengan api langsung menyambar ke warung. Masyarakat dengan cepat datang saat mendengar teriakan dari dalam rumah dengan menggunakan peralatan seadanya untuk memadamkan api, sambil menunggu tibanya mobil pemadam kebakaran," katanya.

Dari warung, api kemudian merembes ke rumah milik Titin Mulyono hingga ke sejumlah kamar kos-kosan yang bersebelahan dengannya.

Api baru berhasil dipadamkan satu jam kemudian setelah 7 unit mobil dari Dinas Kebakaran Kota Ternate diterjunkan ke lokasi kebakaran.

Tidak korban jiwa dalam kejadian ini, namun satu warga mengalami luka bakar di bagian kaki dan tangan akibat terkena percikan api ketika berusaha menyambung selang yang lepas dari mesin alkon. 

Kompas TV Hujan lebat yang mengguyur kawasan Kota Bandung, Jawa Barat sebabkan banjir. Salah satu wilayah yang terdampak banjir adalah kawasan Gempol Sari, Bandung Kulon, Kota Bandung. Ini adalah video amatir yang diambil oleh warga di kawasan Gempol Sari, Kota Bandung. Derasnya hujan menyebabkan kawasan ini banjir. Hujan pun membuat aktifitas warga terganggu. Banyak warga Bandung yang nekad menerobos banjir yang ketinggiannya terus bertambah. Tak hanya kawasan Gempol Sari, kawasan Jalan Pagarsih, Bandung juga terendam banjir. Ruas jalan di kawasan ini terendam banjir dengan ketinggian mencapai 1 meter. Selain menggenangi jalan banjir masuk ke pemukiman warga. Warga dibantu TNI dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung membersihkan sisa sisa banjir dengan alat seadanya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com