Selang Alkon Lepas Saat Pengisian BBM, Rumah dan Kamar Kos Terbakar - Kompas.com

Selang Alkon Lepas Saat Pengisian BBM, Rumah dan Kamar Kos Terbakar

Kompas.com - 06/12/2018, 23:56 WIB
Sebuah rumah, warung dan enam kamar kos kosan di Kota Ternate, Maluku Utara terbakar, Kamis (06/12/2018)YAMIN ABD HASAN/KOMPAS.com Sebuah rumah, warung dan enam kamar kos kosan di Kota Ternate, Maluku Utara terbakar, Kamis (06/12/2018)

TERNATE,KOMPAS.com-Sebuah rumah warga dan sejumlah kamar kos-kosan di Lingkungan Tanah Raja, Kelurahan Muhajirin, Kota Ternate, Maluku Utara terbakar, Kamis (6/12/2018).

Menurut Adil Syahril, salah satu saksi mata, kebakaran bersumber dari percikan api ketika selang dari mesin alkon BBM jenis minyak tanah terlepas.

“Pada saat pengisian minyak tanah dari mobil tanki BBM ke drum, tiba-tiba selang dari mesin alkon terlepas sehingga menyebabkan minyak tanah menjalar ke tanah. Begitu selang dipasang kembali maka tiba-tiba ada percikan api,” ujarnya.

Baca juga: Kebakaran Ludeskan Belasan Rumah di Samarinda

Percikan api tersebut menyebabkan api begitu cepat menjalar ke drum hingga ke warung tempat penyimpanan minyak tanah.

"Jalan tadi penuh dengan api langsung menyambar ke warung. Masyarakat dengan cepat datang saat mendengar teriakan dari dalam rumah dengan menggunakan peralatan seadanya untuk memadamkan api, sambil menunggu tibanya mobil pemadam kebakaran," katanya.

Dari warung, api kemudian merembes ke rumah milik Titin Mulyono hingga ke sejumlah kamar kos-kosan yang bersebelahan dengannya.

Api baru berhasil dipadamkan satu jam kemudian setelah 7 unit mobil dari Dinas Kebakaran Kota Ternate diterjunkan ke lokasi kebakaran.

Tidak korban jiwa dalam kejadian ini, namun satu warga mengalami luka bakar di bagian kaki dan tangan akibat terkena percikan api ketika berusaha menyambung selang yang lepas dari mesin alkon. 



Close Ads X