Puluhan Rumah dan Jembatan Terendam Banjir di Bangka Barat

Kompas.com - 06/12/2018, 10:00 WIB
Luapan banjir merendam jembatan dan pemukiman di Bangka Barat. BPBD Kepulauan Bangka Belitung.Luapan banjir merendam jembatan dan pemukiman di Bangka Barat.

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Puluhan rumah dan sejumlah infrastruktur umum terendam banjir setelah hujan lebat mengguyur Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengatakan, daerah terdampak meliputi bantaran Sungai Culong dan Kampung Ulu.

"Sekitar 40 rumah terdampak dengan ketinggian 50 sentimeter sampai 1 meter," kata Mikron kepada Kompas.com, Kamis (6/12/2018).

Dia mengungkapkan, luapan sungai dengan cepat meluber ke pemukiman karena dalam waktu bersamaan terjadi pasang air laut.

Baca juga: Banjir Melanda Kota Semarang, Drainase Tersumbat hingga Permintaan Maaf Ganjar

"Curah hujan tinggi, aliran dari Bukit Menumbing tertahan pasang air laut," bebernya.

Saat ini belasan personel tanggap darurat telah disiagakan di lokasi terdampak banjir. Belum ada laporan korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah serta terhambatnya aktivitas ekonomi warga.

Lupan banjir diharapkan surut seiring rendahnya intensitas hujan pada Kamis siang.

Banjir di sejumlah kawasan Bangka Barat kerap berulang setiap tahunnya. Pemerintah daerah terkendala biaya dan banyaknya situs warisan sejarah untuk penataan ulang tata ruang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X