Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Rumah dan Jembatan Terendam Banjir di Bangka Barat

Kompas.com - 06/12/2018, 10:00 WIB
Heru Dahnur ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Puluhan rumah dan sejumlah infrastruktur umum terendam banjir setelah hujan lebat mengguyur Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengatakan, daerah terdampak meliputi bantaran Sungai Culong dan Kampung Ulu.

"Sekitar 40 rumah terdampak dengan ketinggian 50 sentimeter sampai 1 meter," kata Mikron kepada Kompas.com, Kamis (6/12/2018).

Dia mengungkapkan, luapan sungai dengan cepat meluber ke pemukiman karena dalam waktu bersamaan terjadi pasang air laut.

Baca juga: Banjir Melanda Kota Semarang, Drainase Tersumbat hingga Permintaan Maaf Ganjar

"Curah hujan tinggi, aliran dari Bukit Menumbing tertahan pasang air laut," bebernya.

Saat ini belasan personel tanggap darurat telah disiagakan di lokasi terdampak banjir. Belum ada laporan korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah serta terhambatnya aktivitas ekonomi warga.

Lupan banjir diharapkan surut seiring rendahnya intensitas hujan pada Kamis siang.

Banjir di sejumlah kawasan Bangka Barat kerap berulang setiap tahunnya. Pemerintah daerah terkendala biaya dan banyaknya situs warisan sejarah untuk penataan ulang tata ruang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com