BERITA POPULER NUSANTARA: Kisah Jimmi Lolos Pembunuhan di Nduga Papua hingga Novel Terakhir NH Dini

Kompas.com - 06/12/2018, 05:30 WIB
Sejumlah pasukan TNI AD melakukan latihan perang di Hutan Baluran, untuk meningkatkan kemampuan dalam menjaga NKRI.Ahmad Faisol Sejumlah pasukan TNI AD melakukan latihan perang di Hutan Baluran, untuk meningkatkan kemampuan dalam menjaga NKRI.

KOMPAS.com - Teka-teki tragedi di Nduga, Papua, akhirnya mulai terungkap. Jimmi Aritonang, salah satu pekerjai PT Istaka Karya yang berhasil selamat, membeberkan apa yang dialaminya pada hari Sabtu kelabu itu.

1 Desember 2018, kurang lebih 25 karyawan PT Istaka Karya diminta keluar dari camp oleh kelompok KKB menuju puncak Kabo untuk dieksekusi massal. Kisah Jimmi tersebut paling menyita perhatian pembaca.

Selain itu, sastrawan NH Dini sempat mempersembahkan novel terakhir berjudul "Gunung Ungaran", sebelum tutup usia. Kabar kepergian NH Dini meninggalkan kenangan mendalam bagi dunia sastra Indonesia.

Berikut ini 5 berita populer Nusantara secara lengkap:

1. Teka teki pembantaian di Puncak Kabo oleh KKB

Jimmi Aritonang (baju hitam) salah satu pekerja pembangunan jembatan yang berhasil dievakuasi ke Wamena. Dok. Istimewa Jimmi Aritonang (baju hitam) salah satu pekerja pembangunan jembatan yang berhasil dievakuasi ke Wamena.

Berdasar keterangan dari Jimmi, aparat keamanan mengetahui kekejian anggota KKB terhadap 25 pekerja bangunan di Nduga.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih Kolonel Inf Muhamad Aidi menceritakan kembali apa yang dialami Jimmi, salah satu pekerja yang selamat dari pembantaian KKB.

“Sekira pukul 15.00 WIT, kelompok KKB mendatangi Kamp PT Istaka Karya dan memaksa seluruh karyawan berjumlah 25 orang keluar, selanjutnya digiring menuju kali Karunggame dalam kondisi tangan terikat dan dikawal sekitar 50 orang KKB bersenjata campuran standar militer,” ungkapnya.

Tanggal 2 Desember 2018, seluruh pekerja dibawa berjalan kaki dalam keadaan tangan terikat menuju bukit puncak Kabo. Di puncak itulah, para pekerja diberondong senjata api oleh KKB.

Baca berita selengkapnya: Pengakuan Korban Selamat Pembantaian Pekerja di Nduga Papua, 19 Orang Dipastikan Dibunuh

2. Pertempuran di Puncak Kabo, 1 anggota keamanan terluka

Mobil jenazah yang membawa jenazah Serda Handoko keluar dari hanggar Bandara Mozes Kilangin Timika menuju Brigif 20/ IJK Kostrad 3, Rabu (5/12/2018)KOMPAS.com/Irsul Panca Aditra Mobil jenazah yang membawa jenazah Serda Handoko keluar dari hanggar Bandara Mozes Kilangin Timika menuju Brigif 20/ IJK Kostrad 3, Rabu (5/12/2018)

Tim Belukar dari aparat penegak hukum mendapat perlawanan dari kelompok Seperatis, Rabu (5/12/2018).

Satu anggota Tim Belukar dikabarkan terkena tembakan. Belum diketahui kondisi korban saat ini. Namun, korban saat ini telah dievakuasi ke Pos TNI Mbua dari Puncak Kabo, Distrik Yigi.

Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin Siregar membenarkan kejadian tersebut.

“Sesampainya di Puncak Kabo, tim yang terdiri anggota TNI dan Polri mendapat perlawanan dari kelompok KKB,” ungkap Kapolda melalui pesan singkat telepon selulernya.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X