Ridwan Kamil Akan Lucurkan Konsep Pendidikan Karakter Jabar Masagi

Kompas.com - 04/12/2018, 16:00 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (4/12/2018). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (4/12/2018).

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan meluncurkan konsep baru untuk pendidikan karakter yang dinamai Jabar Masagi. Rencanaya, program itu akan diluncurkan di Cirebon, Rabu (5/12/2018) besok.

Jabar Masagi merupakan konsep yang diadopsi dari Bandung Masagi, gagasan Ridwan Kamil sewaktu menjabat sebagai wali kota Bandung.

Secara umum, Jabar Masagi adalah pendidikan karakter yang berpijak pada pendidikan budi pekerti yang berdampak pada akhlak sosial yang mengandung keluhuran nilai-nilai kearifan lokal yang sesuai dengan kebutuhan dan konteks budaya dari masing-masing wilayah di Jawa Barat.

Konsep itu sebagai pijakan jati diri dengan keterampilan abad 21 untuk kemajuan generasi muda Jawa Barat ke depan.

"Jadi pintar secara IQ saja tidak cukup, kita ingin memasukan ESQ emosional dan spiritual. Masuklah Jabar Masagi dengan empat nilai, surti, harti, bukti, bakti, itu dari filosofi Sunda, cinta agama, bela negara, jaga budaya, dan cinta lingkungan," kata Ridwan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (4/12/2018).

Baca juga: Ridwan Kamil Lantik Bupati Kuningan dan Wali Kota Banjar

Empat nilai itu, kata Ridwan, akan diserap dalam kurikulum pendidikan sekolah di Jabar. Menurut dia, konsep tersebut perlu dikenalkan kepada kalangam pelajar untuk menjawab tantangan zaman.

"Tiap zaman itu punya tantangan sendiri ya, zaman milenial ini tantangannya adalah perilaku. Karena informasi baik juga buruk seliweran begitu cepat melalui teknologi, khususnya di smartphone kan. Kalau mereka salah pergaulan, maka karakter mereka akan rusak, pintar tapi julid, pintar tapi nyinyir, pintar tapi tidak santun," tutur Emil, sapaan akrabnya.

Tujuan utamanya, sambung Emil, pendidikan di Jabar bisa memproduksi siswa yang berakhlak dan kompetitif.

"Sehingga nanti lulusan-lulusan pelajar di Jabar selain cerdas dia punya akhlak dan karakter yang membanggakan serta punya spirit pejuang, spirit kompetitif," jelasnya.

Baca juga: Tahun Depan, Ridwan Kamil Gagas Program Jamu

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X