Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Warga Rohingya Terdampar di Aceh Timur

Kompas.com - 04/12/2018, 14:42 WIB
Masriadi ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


ACEH TIMUR, KOMPAS.com – Sebanyak 20 warga Rohingya asal Myanmar, terdampar di bibir pantai Kuala Idi, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (4/12/2018).

Mereka dilaporkan datang menggunakan perahun kecil berbahan kayu di perairan tersebut.

Panglima Laot Idi, Kabupaten Aceh Timur, M Ali menyebutkan, awalnya nelayan melihat mereka Selasa sekitar pukul 07.00 WIB.

Baca juga: Tak Ingin Dipulangkan, Warga Rohingya Kabur dari Kamp Pengungsian

Nelayan di daerah itu langsung mencurigai mereka warga Rohingya karena tak bisa berbahasa Indonesia dan Inggris. Mereka menyebut diri dari suku Rohingya di Myanmar.

“Mereka ini mendarat sendiri di bibir Kuala Idi. Bukan dibantu nelayan seperti biasanya di tengah laut. Setelah di bibir pantai, mereka dilihat oleh nelayan kita dan diajak bicara serta diberikan bahan makanan,’ kata M Ali.

Dia menyebut, masyarakat sekitar membantu warga Rohingya tersebut dengan memberikan air bersih, pakaian, dan makanan.

Setelah itu, warga melapor ke Pos TNI Angkatan Laut di Idi Rayeuk, Aceh Timur.

Baca juga: Warga Rohingya Menolak Dipulangkan, Proses Repatriasi Kembali Batal

Komandan Pangkalan TNI AL Lhokseumawe, Kolonel Laut (P) M Sjamsul Rizal menyebut, mereka sedang mendata seluruh warga Rohingya tersebut.

“Kita juga koordinasi dengan Kantor Imigrasi Kota Langsa dan International Organization for Migration (IOM). Setelah itu, nanti akan dibahas di mana mereka akan ditempatkan, sementara di Pos TNI AL dulu,” pungkas dia.

Kompas TV Mata dunia kini tengah menyoroti Myanmar. Gelombang simpati dari Internasional pun menuntut perbaikan nasib Etnis Rohingya yang kini masih hidup di penampungan di Bangladesh.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com