Wagub Jabar Minta Pemerintah Pusat Percepat Proyek Tol Cileunyi-Tasik

Kompas.com - 03/12/2018, 10:59 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri upacara Hari Bakti PU ke-73 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Senin (3/12/2018).KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri upacara Hari Bakti PU ke-73 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Senin (3/12/2018).

BANDUNG, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meminta pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR untuk mempercepat pembangunan aksesbilitas di Jabar Selatan, khususnya proyek Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas).

Hal itu dikatakan Uu saat menghadiri upacara Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) ke-73 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Senin (3/12/2018).

Uu mengatakan, saat masih menjadi bupati Tasikmalaya, proyek tol Cigatas masih dalam tahap pembebasan lahan.

"Poisisinya lagi pembebasan tanah ya waktu itu. Belum masuk ke wilayah sana (Singaparna) perasaan," ucap Uu.

Uu menilai, proyek Cigatas sangat penting untuk memperbaiki kondisi ekonomi wilayah Jabar Selatan yang kerap dicap tertinggal.

"Karena ada hasil riset masyarakat selatan dianggap kurang berkembang ekonominya dibanding masyarakat wilayah Jabar tengah," ungkapnya.

Baca juga: Pemkot Tasik Dorong Realisasi Pembangunan Tol Cileunyi-Tasikmalaya

Menurut informasi yang ia terima, sambung Uu, proyek tol Cigatas akan mulai masuk tahap lelang padan tahun depan. Ia berharap, proses lelang tak meleset dari target.

"Awal 2019 ini akan dilelangkan, berarti kan itu sudah ada progres dari tahun ke tahun. Mudah-mudahan tidak meleset lagi. Karena jalan itu semakin padat, apalagi saya merasakan Tasik ke Bandung sekalipun pakai patwal tetap we padat," tuturnya.

Uu optimistis, proyek infrastruktur di wilayah Jabar Selatan akan mulai dikebut pada tahun depan.

"Jabar akan merasakan dampak pembangunan khususnya di tahun 2019. Apalagi Pak Jokowi bilang kepada kami khususnya saya, akan memprioritaskan Jabar untuk tahun yang akan datang. Sehingga ini mungkin salah satu sinyal kenapa ulang tahun PUPR-nya di sini. Ini sinyal bahwa Jabar akan ada perhatian khusus, terutama dalam infrastruktur pembangunan di daerah," jelasnya.

Baca juga: Jabar Protes Tol Cileunyi-Garut-Tasik Tak Masuk Proyek Strategi Nasional 2017



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X