Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rieke: September Lalu, Jokowi Angkat 4.000 Tenaga Kesehatan Jadi PNS 

Kompas.com - 02/12/2018, 21:47 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GROBOGAN, KOMPAS.com - Politisi PDI Perjuangan (PDI-P) yang juga Ketua Umum Nasional Relawan Tim Alpha Rieke Diah Pitaloka menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken Keppres pengangkatan tenaga kesehatan seperti bidan, dokter umum, dokter gigi yang berusia di atas 35 tahun menjadi PNS pada September 2018 lalu.

Hal ini dikatakan Rieke di depan sekitar 2.000 relawan Tim Alpha yang berasal dari tenaga kontrak dan honorer seperti bidan, guru, dan buruh di Gedung Wisuda Budaya, Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jateng, Minggu (2/12/2018).

"Hal ini belum ada yang tahu. Sengaja saya ungkapkan di sini, di tanah leluhur saya," kata Rieke.  

Dia bercerita bahwa dirinya mendapatkan keterangan tersebut dari Sekretariat Kabinet (Setkab). Saat ini, pengangkatan 4.000 tenaga bidang kesehatan menjadi PNS tersebut sedang dalam proses. 

Baca juga: Rieke Diah Pitaloka Deklarasi Relawan Alpha Zona Papua Dukung Jokowi-Maruf

Sebelumnya terdapat 42.000 tenaga kesehatan berstatus PTT. Namun, sebanyak 39.000 tenaga kesehatan tersebut sudah diangkat jadi PNS. Sisanya, sebanyak 4.000 tenaga kesehatan belum diangkat karena terganjal usia. 

"Karena usia (mereka) tidak bisa diangkat. Ini menjadi perhatian Presiden Jokowi, ada ketidakadilan di sini," kata Rieke.

Menurut dia, sudah sepatutnya menjadi perhatian bagi pemerintah terkait status PTT di jalur medis yang telah lama mengabdi untuk diangkat jadi PNS. 

"Mereka yang di usia 35 tahun tidak bisa diangkat menjadi PNS bukan karena mereka bekerja pertama kali di usia 35 tahun. Mereka bekerja saat itu usianya 20 tahun, mereka tua dalam pengabdian, mereka tua bukan baru masuk kerja di usia tua," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Rieke juga melakukan deklarasi dan melantik pengurus Tim Alpha Grobogan Zona Jawa Tengah untuk memenangkan Capres dan Cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin menjadi Presiden dan Wakil Presiden di 2019.

Rieke didampingi Bupati Grobogan, Sri Sumarni selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Grobogan.

Baca juga: Rieke Diah Pitaloka: Relawan Jangan Oon, Biar Oneng Saja yang Oon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com