Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perahu Pembawa Sembako Terbalik, 2 Pelajar SMP yang Menumpang Tewas Tenggelam

Kompas.com - 01/12/2018, 22:18 WIB
Aji YK Putra,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

OGAN KOMERING ILIR, KOMPAS.com - Dua pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, tewas tenggelam setelah perahu yang mereka tumpangi terbalik.

Peristiwa ini terjadi pada Sabtu (1/12/2018) sore saat perahu melintasi Sungai Babatan, Kabupaten OKI. Diduga, perahu itu terbalik karena mengalami kebocoran.

Perahu itu milik seorang pedagang sembako yang akan kembali ke rumahnya setelah berdagang. Saat akan berangkat, 8 orang pelajar SMP memaksa ingin menumpang perahu tersebut, meski muatan telah penuh sembako.

Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syahputra membenarkan peristiwa itu. Dua pelajar yang meninggal dunia adalah Wulandari (18) dan Eka Amelia (18) pelajar SMP. Keduanya tak bisa berenang sehingga tenggelam saat perahu terbalik.

Sementara, 6 orang pelajar lainnya selamat karena bisa berenang hingga ke pinggir sungai. Demikian pula pengemudi perahu.

"Dua korban tewas karena tidak bisa berenang. Mereka (para penumpang) sudah mengetahui jika isi perahu penuh, namun tetap maemaksa naik untuk pulang ke rumah," ujar Donni.

Kedua korban telah dibawa ke rumah duka di Desa Menang Jaya, Kecamatan Pedamaran untuk dimakamkan.

Sementara, pengemudi perahu saat ini masih diperiksa petugas.

"Pengemudinya baru pulang berdagang dan membawa sembako banyak. Saat itu dia sendirian hendak pulang ke rumah. Namun, pelajar SMP menumpang dan langsung naik," ujar Donni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com