Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Guru Didaftarkan BPJS, Wali Kota Probolinggo Dapat Penghargaan

Kompas.com - 01/12/2018, 15:35 WIB
Ahmad Faisol,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

PROBOLINGGO, KOMPAS.com – Sebanyak 16 kepala daerah mendapatkan penghargaan PGRI yang diserahkan langsung Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (1/12/2018)

Salah satu kepala daerah yang menerima penghargaan tersebut adalah Walikota Probolinggo, Jawa Timur, yaitu Rukmini. Rukmini mendapat penghargaan tertinggi dari PGRI karena kebijakannya sebagai kepala daerah dinilai peduli terhadap kesejahteraan guru.

Rukmini memerintahkan semua guru didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan. Selain itu guru honorer atau pegawai tidak tetap (PTT) juga dinaikkan honornya agar kesejahteraan mereka meningkat.

Baca juga: Ketum PGRI Curhat Tunjangan Guru ke Sri Mulyani

Ketua PGRI Kota Probolinggo Slamet Zainul Arifin mengatakan, penghargaan tersebut menjadi kado istimewa pada Hari Guru Nasional.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kota Probolinggo, M Maskur, mengonfirmasi adanya penghargaan tersebut.

"Kami mendampingi Wali Kota menerima penghargaan tersebut saat ini. Penghargaan tersebut tak lepas dari kebijakan Wali Kota terkait guru selama menjabat. Di antaranya, mendaftarkan seluruh guru sebanyak 2.842 orang di Kota Probolinggo sebagai peserta BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sejak Januari 2018,” kata Maskur kepada Kompas.com via pesan Whatsapp.

Sejak September 2018, honor bagi guru honorer kategori 2 (K2) dinaikkan dari semula Rp 600 ribu menjadi Rp 1.200.000.

Maskur menambahkan, honor bagi guru tidak tetap (GTT) juga naik dari semula Rp 600 ribu menjadi Rp 1 juta sejak Januari 2018. Begitu pula dengan honor pegawai tidak tetap (PTT) dari semula Rp 600 ribu menjadi Rp 800 ribu.

Rukmini mengaku bersyukur atas penghargaan Dwija Praja Nugraha dari PGRI yang baru saja diterima.

“Ini menjadi kado khusus bagi kita. Saya berharap penghargaan ini dapat memberikan motivasi kepada guru agar dapat meningkatkan etos kerja dan profesionalisme dalam mengemban tugasnya mendidik anak bangsa,” kata Rukmini yang akan melepas jabatan wali kota tahun depan ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com