Di Balik Indahnya Tabebuya di Surabaya, Inisiatif Risma hingga Warga Minta Lebih Banyak

Kompas.com - 29/11/2018, 19:15 WIB
Pohon Tabebuya di sekitar Jalan Jemursari Surabaya KOMPAS.com/ACHMAD FAIZALPohon Tabebuya di sekitar Jalan Jemursari Surabaya

KOMPAS.com - Ada yang berbeda saat melintas jalan-jalan protokol di Surabaya. Tampak bunga tabebuya mulai bermekaran dan menambah sejuk pemandangan.

Pemandangan di awal musin hujan itu pun menjadi viral di media sosial. Warganet pun memuji keindahan bunga yang dianggap mirip dengan sakura, bunga khas Jepang.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pun tak luput dari pujian warganet. Bahkan, warga Surabaya meminta Risma untuk menanam lebih banyak pohon tabebuya tersebut.

Berikut fakta di balik bunga tabebuya di Kota Surabaya.

1. Menjadi viral di media sosial

Pohon Tabebuya bermekaran di sejumlah jalan utama protokol Kota SurabayaDok. Pemkot Surabaya Pohon Tabebuya bermekaran di sejumlah jalan utama protokol Kota Surabaya

Sejumlah jalan protokol di Kota Surabaya tiba-tiba menjadi perbincangan, setelah banyak bunga pohon tabebuya mulai bermekaran di awal musim hujan.

Tabebuya yang dianggap mirip bunga sakura seperti di Jepang ini ramai dan viral di media sosial.

Seperti diketahui, pohon tabebuya ini berasal dari negara tropis, yakni Brasil. Namun, Pemkot Surabaya mendatangkannya dari Malang dan Kediri karena sejak 2010 telah dibudidayakan di dua tempat itu.

Pemkot Surabaya sebenarnya sudah menanamnya di sejumlah titik di Kota Surabaya.

"Bunga tabebuya itu sebenarnya sudah banyak tersebar di beberapa tempat, sampai di pelosok jalan, tapi yang paling banyak (memang) di jalan-jalan utama protokol," kata Fikser, Selasa (27/11/2018).

Baca Juga: Cantiknya Bunga Tabebuya di Surabaya: Mekar di Musim Hujan, Mirip Musim Sakura di Jepang

2. Jenis tabebuya yang tumbuh di Surabaya

Pohon bunga Tabebuya bermekaran di depan kantor Pemkot Magelang, Jawa Tengah, sepekan terakhir, Senin (23/10/2017).Kompas.com/Ika Fitriana Pohon bunga Tabebuya bermekaran di depan kantor Pemkot Magelang, Jawa Tengah, sepekan terakhir, Senin (23/10/2017).

Selain di Kediri dan Malang, pohon tabebuya ternyata juga juga telah dibudidayakan petani di Kebun Bibit Surabaya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X