Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edy Rahmayadi: Langkat Ini Lebih Baik Zaman Atok Saya daripada Sekarang

Kompas.com - 28/11/2018, 21:34 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, harus bangkit dan kembali berjaya seperti era 1960 sampai 1970-an.

Saat itu, kabupaten yang didominasi etnis Melayu ini berjaya dengan gas dan minyak, tetapi sekarang tidak lagi.

"Langkat ini maunya ke mana? Hanya begini-begini saja? Lebih baik zaman atok (kakek) saya daripada sekarang," kata Edy kepada para camat, kepala desa, lurah, organisasi masyarakat, dan etnis di Rumah Besar Langkat, Stabat, Rabu (28/11/2018).

Dia mengajak seluruh masyarakat, terutama kepala desa, untuk bangkit membangun Langkat karena daerah ini memiliki potensi sumber daya alam yang besar. Ada gas, minyak, pertanian dan perkebunan yang luas.

"Tapi kenapa kita tak bisa berbuat, ke mana kita?" tanya dia.

Baca juga: Edy Rahmayadi: Saya Ingatkan, OPD Jangan Korupsi

Edy meminta ke depannya harus berubah. Anak cucu Sumut, khususnya dari wilayah ini, tidak boleh kesulitan seperti sekarang.

Ia yang memiliki visi Sumut agraris mengharapkan Langkat menghidupkan kembali pertaniannya. Kondisi seperti ini harus berubah, kehidupan di kabupaten ujung barat Sumut tersebut harus kembali ke pertanian.

Terkait dana desa, Edy mengingatkan untuk digunakan sebaik-baiknya demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

Kepada bupati dan wakil bupati terpilih, yaitu Terbit Rencana dan Syah Afandin, Edy berpesan agar selalu kompak dan selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah.

"Katanya, desa menerima Rp 1 miliar, kepala desa jangan main-main. Syukuri ini, nikmati, jangan sampai Anda yang menjadi orang pertama yang masuk neraka. Saya akan datang kembali untuk melihat perkembangan apa yang sudah terjadi, saya akan datang langsung ke desa," katanya.

Bupati Langkat Ngogesa Sitepu mangharapkan kedatangan Edy bisa membuat Langkat menjadi kabupaten yang bermartabat.

"Ini kehormatan buat kami semua jajaran pemerintah dan masyarakat Kabupaten Langkat, terima kasih Pak Gubernur atas kedatangannya," ucap Ngogesa.

Baca juga: Edy Rahmayadi: Sumut Ini Besar, Saya Tak Bisa Sendirian...

Sementara Sultan Langkat Azwar Abdul Jalil menambahkan, kedatangan Edy merupakan bentuk dukungan bagi kabupaten ini untuk kembali meraih kejayaan.

"Mudah-mudahan masyarakat Langkat bisa mengembalikan kejayaannya," ucap Azwar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com