Cegah Longsor, Ratusan Warga Jombang Tanam Pohon

Kompas.com - 28/11/2018, 19:37 WIB
Penanaman bibit pohon di Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (28/11/2018). Penanaman dilakukan sebagai antisipasi longsor dan persiapan sebagai desa wisata petik pohon durian. KOMPAS.com/MOH. SYAFIIPenanaman bibit pohon di Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (28/11/2018). Penanaman dilakukan sebagai antisipasi longsor dan persiapan sebagai desa wisata petik pohon durian.

JOMBANG, KOMPAS.com - Ratusan bibit pohon ditanam para pegiat lingkungan hidup dan warga Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (28/11/2018).

Ratusan bibit pohon itu ditanam di kawasan rawan longsor di Desa Wonomerto. Desa ini berada di lereng Gunung Anjasmoro dan lokasi yang ditanami bibit pohon memiliki kemiringan cukup terjal.

Kepala Desa Wonomerto Bambang Waluyo Adi menyebutkan, jumlah bibit pohon yang ditanam para pegiat lingkungan dan warga berjumlah 740 buah. Sebagian besar merupakan bibit pohon durian.

Dikatakan, selain berfungsi sebagai penahan longsor, penanaman ratusan bibit pohon yang didominasi pohon durian tersebut, dimaksudkan sebagai persiapan Desa Wonomerto sebagai desa wisata petik buah.

"Penanaman disini punya dua tujuan. Tujuan pertama, sebagai antisipasi longsor dan yang kedua menjadikan desa ini nantinya kaya akan buah-buahan," ujar Bambang.

Baca juga: Di Gunungkidul, Presiden Jokowi Canangkan Gerakan Penanaman Pohon Nasional

Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, pada sebagian wilayah memiliki kemiringan tanah yang cukup terjal. Bencana longsor pernah melanda desa ini meski tidak sampai menyebabkan adanya korban jiwa.

Longsor pernah melanda Desa Wonomerto, pada Rabu (7 Oktober 2015) silam. Akibat longsor, jalan penghubung antar dusun di Desa itu sempat terputus karena tertimbun tanah dengan ketebalan rata-rata 2 meter.

Asisten II Pemkab Jombang bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sucipto, turut serta dalam kegiatan penanaman bibit pohon aneka buah bersama para pegiat lingkungan dan ratusan warga Desa Wonomerto.

Dia mengungkapkan, meski rawan longsor, Desa Wonomerto memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai desa wisata, khususnya wisata petik buah durian.

Karena itu, lanjutnya, penanaman bibit pohon di lahan dengan luas 4 hektar di Desa Wonomerto diharapkan bisa mencegah longsor, sekaligus bisa menjadi lokasi wisata petik buah.

"Harapan kami, selain bisa mencegah longsor, kawasan ini nantinya bisa menjadi daerah wisata petik buah," kata Sucipto.

Ditambahkan, ratusan bibit pohon aneka buah yang ditanam di Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang bekerjasama dengan PT PLN.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X