Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemensos Urus Pemulangan Shinta, TKI yang Dirawat 4 Tahun di RS Taipei

Kompas.com - 21/11/2018, 16:31 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Kementerian Sosial (Kemensos) akan menjemput Shinta Danuar, tenaga kerja asal Indonesia yang sudah 4 tahun sakit dan dirawat di rumah sakit di Taipei.

Hal itu disampaikan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita sesuai menghadiri rapat evaluasi reformasi birokrasi Kementerian Sosial di Solo, Jawa Tengah, Rabu (21/11/2018).

Menurut Agus, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) terkait pemulangan Shinta.

"Kami sudah berkoordinasi dengan BNP2TKI. Atas kesepakatan, mereka akan berangkat ke Taipei untuk membawa pulang Ibu Shinta dan akan kami jemput di bandara," kata dia.

Baca juga: Alasan WNI Nekat Jadi TKI Ilegal di Malaysia: Ingin Gaji Tinggi hingga Minimnya Lapangan Kerja

Agus mengungkapkan, TKI asal Banyumas tersebut belum diizinkan pulang ke Indonesia oleh dokter rumah sakit di Taipei karena kondisinya belum memungkinkan.

"Jadi, bukan karena negara (Indonesia) tidak bisa melayani Ibu Shinta yang ada di RS Taipei itu. Karena memang tidak boleh pulang oleh dokternya," ujar Agus.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei Dedi Sumedi mengatakan, pihaknya akan terus memonitor perkembangan kesehatan Shinta dari hari ke hari.

KDEI akan mengurus pemulangan Shinta segera setelah tim Emergency Medical Service (EMS) Taiwan mengeluarkan rekomendasi pemulangan.

"Kami sangat memahami harapan keluarga untuk memulangkan Shinta. Namun kondisi Shinta saat ini masih belum memungkinkan, salah satunya karena masih tergantung kepada life support," ujar Dedi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (19/11/2018).

Shinta Danuar dirawat di Unir Perawatan Intensif Rumah Sakit Pinghe Hsincu, Taipei, sejak 31 Desember 2014, atau hanya 9 bulan sejak mulai bekerja.

Shinta dirawat karena didiagnosa terserang virus di tulang belakang yang menyebabkan kelumpuhan dan infeksi.

Kompas TV Sebanyak 40 Tenaga Kerja Indonesia yang diselundupkan dari Malaysia ke Kota Batam digagalkan petugas Patroli Lanal Batam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com