Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Hancurkan Tanggul Sungai di 9 Desa di Aceh Utara

Kompas.com - 20/11/2018, 17:59 WIB
Masriadi ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


ACEH UTARA, KOMPAS.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Aceh Utara melansir data tanggul jebol akibat banjir terdapat di sembilan desa dalam tiga kecamatan di kabupaten itu.

Sembilan desa itu yakni di Desa Meunasah Cut, Kecamatan Nisam, sedangkan di Kecamatan Samudera yang terdapat tanggul jebol di Desa Meunasah Mancang, Teupin Ara, Tanjong Mesjid.

Sementara di Kecamatan Syamtalira Aron, tanggul jebol di Desa Meunasah Kumbang, Meunasah Mesjid, dan Desa Meunasah Tanjong.

Baca juga: Banjir Surut, Perbaikan Tanggul Jebol di Aceh Utara Mulai Dilakukan

Kepala Dinas PUPR, Aceh Utara, Edi Anwar, menyebut, total kerusakan tanggul di sembilan desa itu sepanjang 1.028 meter.

Dibutuhkan dana sebesar Rp 1,5 miliar untuk membangun tanggul di kawasan itu.

Kepala Humas Pemkab Aceh Utara Andre Prayudha menyebutkan, untuk kerusakan ringan sudah mulai ditangani Pemerintah Kabupaten Aceh Utara.

“Kalau kerusakannya ringan, maka segera kita tangani di Aceh Utara. Kalau berat-berat, kita minta dukungan ke Pemerintah Provinsi Aceh. Kita harap, provinsi bisa membantu,” kata Andre.

Terkait empat rumah yang hanyut akibat banjir, sambung Andre, akan dipikirkan dengan pembangunan simulasi dana desa serta Baitul Mal, Aceh Utara. Sumber dana lain dari dana sosial perusahaan juga terus diminta.

Baca juga: Selain di Aceh Utara, Banjir Juga Menerjang Aceh Timur

“Simulasi pembangunan rumah itu dari dana desa, kan di Aceh Utara ada program per desa dua rumah per tahun. Yang kurang, kita minta Baitul Mal membantu plus dana sosial perusahaan. Semoga ini bisa menjadi solusi terbaik,” terang dia.

Sebelumnya diberitakan, banjir merendam Kecamatan Syamtalira Aron dan Kecamatan Samudera, Aceh Utara.

Empat rumah hanyut dan puluhan warga mengungsi. Hari ini, banjir mulai surut dan proses pembangunan tanggul jebol mulai dilakukan.

Kompas TV Banjir masih melanda 4 kecamatan di Aceh Utara pada Sabtu (17/11/2018) pagi. Sejumlah warga pun masih bertahan di lokasi pengungsian. Empat kecamatan di Aceh Utara yang masih terendam banjir adalah Kecamatan Syamtalira Aron, Matangkuli, Pirak Timu dan Sawang. Di ke-4 kecamatan itu ketinggian banjir berkisar 30 hingga 50 sentimeter. Warga yang masih tinggal di pengungsian berharap banjir segera surut sebab anak-anak mereka sudah harus bersekolah. Banjir yang sebelumnya melanda ruas Jalan Nasional Banda Aceh-Medan di Kecamatan Samudera kini makin meluas. Banjir meluas hingga ke ruas jalan nasional di Kecamatan Syamtalira Aron, Aceh Utara, Aceh. Warga berharap pemerintah segera memperbaiki tanggul yang jebol untuk mencegah terjadinya banjir yang lebih besar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com