Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segerombolan Gajah Liar Masuk ke Perkebunan Warga di Riau

Kompas.com - 19/11/2018, 13:47 WIB
Idon Tanjung,
Khairina

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Segerombolan gajah liar masuk ke perkebunan warga di Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau. Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau saat ini sedang melakukan penanganan.

"Rombongan gajah ada sekitar 11 ekor yang masuk ke perkebunan warga dan sebagian memakan pokok sawit," kata Kepala Bidang Wilayah II Heru Sutmantoro saat dihubungi Kompas.com, Senin (19/11/2018).

Dia mengatakan, "sekeluarga" gajah yang masuk ke perkebunan sawit berawal dari laporan warga, Minggu (18/11/2018). Laporan tersebut direspon cepat oleh petugas Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas di Kabupaten Siak, Riau.

"Saat ini kami sedang melakukan penanganan di lapangan dan berkomunikasi dengan para pemilik kebun. Tadi malam kami juga sudah ronda di lokasi kemunculan gajah," kata Heru.

Baca juga: Tidak Ditemukan Luka Tembak di Gajah yang Dibunuh di Aceh

Dikatakan dia, rombongan gajah ini rencananya akan digiring ke arah Minas atau ke Koto Garo, Kabupaten Kampar.

"Untuk langkah awal penggiringan menggunakan bunyi-bunyian seperti mercon dan meriam. Apabila cara ini tidak efektif, baru menurunkan gajah jinak," jelas Heru.

Selain di Tapung, Kampar, segerombolan gajah liar juga masuk ke perkebunan kelapa sawit di Sungai Mandau, Kabupaten Siak pada Jumat (16/11/2018) lalu.

Namun, rombongan hewan bertubuh besar, itu sudah berhasil digiring ke "rumahnya".

"Di Sungai Mandau ada sekitar 20 ekor kawanan gajah liar. Sudah kami tangani dan digiring ke habitatnya," tutup Heru.

Kompas TV Kawanan gajah liar di Aceh turun ke 5 titik permukiman warga di 4 kabupaten di Aceh. Akibatnya lahan pertanian warga dirusak gajah liar dan mengancam keselamatan warga setempat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com