Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua Umum PBNU: Kader NU Harus Jadi Pemersatu dalam Keberagaman Umat

Kompas.com - 19/11/2018, 08:58 WIB
Farid Assifa,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Prof Dr KH Said Aqil Siroj menyatakan, kader NU harus menjadi garda terdepan dalam menjaga dan memperkuat keberagaman umat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu disampaikan Aqil saat membuka dan memberi sambutan Madrsah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) yang digelar di Pusat Pendidikan Kilat (Pusdiklat) Kementerian Agama di Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat (16/11/2018).

Acara pendidikan untuk pengurus pusat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) itu dilaksanakan dari tanggal 16 sampai 18 November 2018.

Baca juga: Airlangga: Di Kita, Ulama NU Langsung Menjadi Cawapres

Aqil menyebut, selain menjadi pemersatu dalam kebergaman umat, kader NU juga harus terus menebarkan kasih sayang di masyarakat.

Kader NU, lanjut Aqil, juga harus mampu menebarkan Islam ramah yang berlandaskan Ahlusunnah Waljamaah.

"Kader NU harus menjadi pemersatu bagi keberagaman umat dan penebar rasa kasih sayang. Juga kompetitif dalam menjawab berbagai tantangan kebangsaan dan global," kata Aqil.

Terkait madrasah kader NU, Aqil mengatakan, kader NU juga harus memahami genealogi paham Islam Ahlusunnah Waljamaah. Paham Islam kebangsaan yang terus membela NRKI dengan asas Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua Umum Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Ali Masykur Musa mengatakan, organisasi sarjana NU adalah badan otonom (banom) NU yang memiliki karakter khas dari banom lainnya.

Organisasi ISNU, kata Ali, adalah semacam think tank NU yang bisa memberi kontribusi dalam menjawab tantangan kebangsaan dan global.

Bahkan, Ali menyebut, ISNU adalah "pasukan" khusus NU yang harus memiliki kompetensi di atas rata-rata.

Dengan demikian, ISNU dengan anggotanya dari berbagai latar belakang profesi harus memperkuat pengelolaan sumber daya manusia di berbagai bidang.

Baca juga: Kubu Jokowi Sebut Jubir Baru Prabowo-Sandi Tak Signifikan Gaet Suara NU

"Kopassusnya Nahdlatul Ulama itu adalah ISNU. Jadi, kita harus memperkuat manajerisasi SDM di berbagai bidang. Menempatkan kader-kader terbaik NU di setiap sektor. ISNU harus mampu mencetak kader NU yang profesional sekaligus ideologis," tandas Ali.

Madrasah Kader Nahdlatul Ulama sendiri diikuti sekitar 100 peserta yang merupakan pengurus pusat ISNU.

Ada pun pemateri dalam pendidikan itu berasal dari PBNU. Mereka adalah H Endin AJ Sofihara, KH Ahmad Ishomuddin, H Robikin Emhas dan Suwadi D Pranoto. Hadir pula Sekjen Kemenag RI Nur Kholis Setiawan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com