Petugas: Dua Taring Harimau Sumatera Atan Bintang Bikin Bulu Kuduk Merinding...

Kompas.com - 18/11/2018, 17:36 WIB
Harimau sumatera (Atan Bintang) saat dibawa menuju pusat rehabilitasi harimau sumatera di Dharmasraya, Sumatera Barat Kontributor Kompas TV Pekanbaru, Citra IndrianiHarimau sumatera (Atan Bintang) saat dibawa menuju pusat rehabilitasi harimau sumatera di Dharmasraya, Sumatera Barat

PEKANBARU, KOMPAS.com - Evakuasi harimau sumatera yang terjebak di kolong ruko pasar Desa Pulau Burung, Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, memakan waktu yang cukup panjang.

Setelah dievakuasi dari kolong ruko, harimau sumatera yang diberi nama Atan Bintang kemudian di bawa ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera (PRHS) Yayasan Arsari di Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar).

Dari Desa Pulau Burung, petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau membawa harimau sumatera (Atan Bintang) yang sudah dimasukkan ke dalam kerangkeng besi.

Perjalanan yang ditempuh melalui jalur laut dan darat. Dari Pulau Burung ke Tembilahan, memakan waktu sekitar 4 jam menggunakan kapal. Kemudian dari Tembilahan menuju Dharmasraya sekitar 12 jam.

Baca juga: Harimau Sumatera yang Diselamatkan dari Kolong Ruko Diberi Nama Atan Bintang

Sekitar pukul 23.40 WIB, tim penyelamat harimau sampai di Polsek Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, untuk memeriksa kesehatan satwa dilindungi tersebut.

Pada saat petugas membuka penutup kerangkeng menggunakan kardus, harimau langsung terlihat marah dan mengaum. Badannya begitu besar dan dua taringnya yang panjang sempat membuat bulu kuduk merinding.

Atan Bintang berumur 3 tahun memiliki bobot badan sekitar 80 kilogram.

Kepala BBKSDA Riau Suharyono mengatakan, dalam perjalanan menuju tempat rehabilitasi di Dharmasraya, sesekali petugas berhenti untuk mengecek kesehatan.

"Kita berikan makan, minum agar Atan Bintang tidak dehidrasi. Kemudian kesehatan selalu di pantau tim medis," kata Suharyono pada Kompas.com, Minggu (18/11/2018).

Baca juga: Harimau Sumatera yang Dievakuasi dari Kolong Ruko Dibawa ke Sumatera Barat

Kondisi Atan Bintang, saat ini sehat dan agresif saat berada di kandang.

"Kita sedang menuju pusat rehabilitasi di Dharmasraya. Di sana nanti Atan Bintang akan dirawat dan dan direhab dalam waktu yang belum bisa ditentukan," sebut Suharyono.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X