Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Rumah Warga Mamasa Tertimbun Longsor Akibat Gempa

Kompas.com - 17/11/2018, 15:55 WIB
Junaedi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MAMASA, KOMPAS.com – Delapan rumah warga di Dusun Sareppe dan Lalangpeu, Desa Aralle Timur, Kecamatan Buntu Malangka, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, hancur tertimbun longsor ribuan kubik saat diguncang gempa 5,5, Kamis lalu (15/11/2018).

Puluhan kepala keluarga yang selamat dari bencana longsor kini diungsikan ke rumah-rumah penduduk yang aman.

Akes jalan dan sarana komunikasi yang tidak memadai membuat laporan bencana alam ini baru sampai ke kabuten beberapa hari kemudian.

Bencana longsor di Dusun Sareppe dan Lalangpeu, Desa Aralle Timur, ini terjadi sekitar pukul 2.30 Wita, beberapa saat setelah gempa guncang Mamasa.

Sebanyak 8 rumah warga hancur tertimbun longsor. Selain itu, dua rumah warga lainnya dan sebuah rumah ibadah juga mengalami rusak berat.

Material longsor yang terdiri dari bebatuan dan batang pohon besar menyulitkan proses evakuasi secara manual.

Baca juga: BPBD: Jabar Bagian Selatan dan Tengah Rawan Longsor, Utara Rawan Banjir

Hingga kini, belum ada alat berat yang dikerahkan pemerintah ke lokasi longsor karena medannya memang sangat sulit dijangkau oleh kendaraan.

Jalur ini baru terbuka dan hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua, setelah warga secara bergotong-royong membersihkan material longsor seperti kayu dan bebatuan yang bisa disingkirkan.

Kepala Desa Aralle Timur, Nirman Dolangi mengatakan, dusun Sareppe dan Lalangpeu dihuni 78 kepala keluarga. Sesaat sebelum longsor sebanyak tiga kali berturut-turut, sempat terdengar suara gemuruh dari atas tebing.

Beruntung saat kejadian, warga masih sempat berlarian keluar rumah ketika material longsor pertama mulai menghantam dinding dan atap rumah mereka hingga menimbulkan suara gemuruh.

Tokoh masyaraat setempat juga sempat mengimbau warga agar segera mengungsi keluar rumah. Baru sekitar 10 menit setelah pengumuman disampaikan melalui pengeras suara di masjid, longsor kembali terjadi dan menimbun delapan rumah warga.

“Sebelum longsor susulan yang lebih besar, warga sempat mengumumkan di masjid agar mengungsi ke luar rumah setelah longsor pertama sempat menghantam dinding dan atap rumah hingga menimbulkan suara gemrurh. Beruntung saat warga dan anak-anak mereka sudah di luar rumah, baru longsor susulan yang besar terjadi,” jelas Nirman.

Baca juga: 3 Warga Nagekeo di NTT Tertimbun Longsor, 1 Orang Dikabarkan Tewas

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Mamasa Pasamboan, Pangloli mengatakan, pihaknya telah meminta warga desa untuk mengungsi sementara ke tempat aman dari longsor susulan. Pihak pemerintah juga telah menyerahkan bantuan logistik berupa tenda, beras dan kebutuhan makanan lainnya untuk para korban.

“Pemerintah telah mengimbau warga agar mengungsi sementara dari rumahnya karena rawan longsor. BPBD juga telah menyalurkan bantuan makanan, termasuk tenda darurat meski imformasi bencana ini baru diterima beberapa hari kemudian karena soal akses jalan dan sarana komunikasi yang tidak memadai,” jelas Pasamboan, Sabtu (17/11/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com