Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jabar Luncurkan Gurilaps, Aplikasi Paket Wisata Petualangan

Kompas.com - 17/11/2018, 14:01 WIB
Putra Prima Perdana,
Kurnia Sari Aziza

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jasa Pariwisata (Jaswita) Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan aplikasi digital paket wisata petualangan bernama Gurilaps di Festival Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (17/11/2018).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, aplikasi Gurilaps diluncurkan sebagai salah satu realisasi program 100 hari kerja pasangan Gubernur Jawa Barat dan Wakil Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

"Hari ini kami merilis tiga inovasi yang merupakan bagian dari 100 hari saya dan Pak Uu, salah satunya adalah aplikasi Gurilaps yang akan menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi wisata terbaik,” kata pria yang akrab disapa Emil saat ditemui di Gedung Sate, Sabtu pagi.

Baca juga: Pemprov Jabar Siapkan Dana Rp 50 Miliar untuk Perbaikan Infrastruktur akibat Bencana

Melalui aplikasi Gurilaps, wisatawan dapat memesan pariwisata petualangan di Jawa Barat.

Adapun Gurilaps singkatan dari gunung, udara, rimba, laut, pantai, dan sungai. 

Pihaknya menargetkan kunjungan wisata ke Jawa Barat meningkat dari 70 juta kunjungan per tahun menjadi 100 juta kunjungan wisatawan per tahun.

Dengan demikian, Emil optimistis bakal tercipta lapangan kerja baru di daerah-daerah terpencil di Jawa Barat.

Baca juga: Pemprov Jabar Tetapkan Status Siaga Bencana Banjir dan Longsor

"Nantinya warga sekitar bisa jadi tukang parkir, buka warung, buka restoran, jadi wisata transportasinya, suplier, banyak lagi lah, saya sudah kebayang. Kami meyakini pariwisata adalah strategi paling jitu untuk Jawa Barat karena tanahnya indah sekali. Makanya, jangan panik perbanyak piknik, lupakan mantan mari pergi liburan," ujarnya. 

Direktur Utama PT Jaswita Jabar Ade Dikdik Isnandar mengatakan, paket wisata yang ditawarkan Gurilaps, antara lain petualangan yang memacu adrenalin hingga wisata edukasi keluarga. 

"Gurilaps juga memiliki banyak pilihan paket kegiatan yang sangat unik dan mungkin belum pernah dirasakan berupa kegiatan mengagumi langsung keindahan dari keragaman tempat pariwisata di Jawa Barat," kata Ade. 

Baca juga: Pemprov Jabar Akan Kawinkan Sapi Pasundan dengan Sapi Belgia

Selain itu, Gurilaps juga menawarkan keuntungan lain dalam bentuk harga paket wisata yang terjangkau serta keamanan saat berwisata. 

"Gurilaps ingin mengajak agar kita semua melupakan panik dengan piknik," ucap dia.  

Gurilaps adalah aplikasi marketplace jasa dan pariwisata yang dikembangkan dan dikelola PT Jaswita Jabar untuk mempromosikan wisata di Jawa Barat untuk wisatawan domestik maupun internasional.

Baca juga: Pemprov Jabar Akan Ekspor Mangga Gedong dan Manggis ke Jepang

Aplikasi Gurilaps dapat diunduh di ponsel berbasis Android atau IOS.

Sesuai namanya, setelah melakukan login lewat Facebook atau Google, pengguna dapat memilih beragam paket wisata di gunung, udara, rimba, laut, pantai, dan sungai.

Tersedia beragam pilihan paket wisata, seperti paket wisata "Menguak Misteri Kotak Pandora" di Sukabumi, dengan harga Rp 215.000/pax untuk satu hari jelajah gunung.

Baca juga: Bupati Indramayu Mundur, Pemprov Jabar Tunggu Hasil Rapat Dewan

Wisatawan juga dapat memilih paket kehangatan rafting di pangalengan dengan harga Rp 375.000 per orang selama 2 hari satu malam. Tersedia juga beragam paket wisata lain di Gurilaps yang dapat disesuaikan dengan budget atau keinginan wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com