Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solar Langka, Polisi Panggil Pertamina dan Instansi Terkait

Kompas.com - 16/11/2018, 12:53 WIB
Hadi Maulana,
Khairina

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Bukan hanya LPG 3 kilogram dan premium yang langka di Batam Kepulauan Riau (Kepri). Belakangan, solar subsidi juga ikut langka di daerah itu.

Atas dasar itu, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kepri memanggil Pertamina Area Kepri dan sejumlah instansi terkait yang ada di Pemkot Batam untuk mencari tahu apa penyebab kelangkaan BBM subsidi tersebut.

Branch Marketing Manager Pertamina Wilayah Kepri Oos Kosasih mengatakan hingga 31 Oktober 2018, telah disalurkan sebanyak 34,701 kiloliter atau 114 kiloliter per hari di wilayah Batam.

Jumlah ini meningkat 28 persen dibandingkan dengan rata-rata penyaluran harian tahun 2017, yaitu 89 kiloliter per hari.

Bahkan, khusus untuk bulan Oktober, Pertamina menyalurkan biosolar sebanyak 119 kl per hari.

Baca juga: Jonan Minta PLN Promosikan Kompor Listrik untuk Gantikan LPG

"Dengan kondisi tersebut, seharusnya pasokan solar bersubsidi cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya di wilayah Batam. Sesuai dengan Surat Edaran Walikota Batam, penyaluran solar subsidi hanya diberikan kepada konsumen yang memiliki fuel card," katanya, Kamis (15/11/2018).

Oos menegaskan, Pertamina MOR I menjamin pasokan solar bersubsidi normal di wilayah Batam.

"Batasan transaksi solar bersubsidi maksimal 30 liter per hari dan hanya untuk konsumen yang memiliki fuel card," jelasnya.

Sejauh ini, pengelolaan fuel card untuk konsumen kendaraan pribadi dan angkutan umum atau barang tersebut cukup efektif untuk memastikan pasokan solar subsidi tepat sasaran.

Jumlah fuel card yang telah didistribusikan sebanyak 18.677 buah kartu kepada konsumen.

Selain itu, dilakukan juga proses pemblokiran terhadap kartu-kartu yang telah dilaporkan hilang atau rusak serta nomor kartu yang diduga digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

"Hingga awal November, permohonan blokir kartu telah diminta sebanyak 3370 fuel card," terang Oos.

Penyaluran biosolar tepat sasaran juga sejalan dengan Perpres 191/2014, dimana kriteria konsumen sudah jelas disebutkan di dalam lampirannya.

"Pertamina berperan sebagai badan usaha yang ditunjuk untuk mendistribusikan BBM bersubsidi, adapun pengawasan dilakukan oleh stakeholder terkait yang berwenang sesuai regulasi yang ada," terangnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com