Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketemu Soto Bathok dan Tempe Enak di Yogyakarta, Sandiaga Janjikan Ini

Kompas.com - 16/11/2018, 12:21 WIB
Wijaya Kusuma,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno berkunjung ke Yogyakarta, Jumat (16/11/2018).

Sandiaga mengawali kunjungannya dengan sarapan pagi di Soto Bathok Mbah Karto di Candi Sambisari, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman.

"Saya berkesempatan makan pagi bersama-sama beberapa komunitas relawan dan masyarakat di Yogyakarta. Soto Bathok ini kurang lebih empat tahun lalu didirikan oleh Ibu Endah dan suaminya. Sekarang sudah tumbuh menjadi 38 karyawan," ujar Sandiaga, Jumat.

Baca juga: Hebohnya Emak-emak di Medan, Tak Mau Jalan meski Sandiaga Sudah Kibarkan Bendera Start

Sandiaga mengaku sangat menikmati sarapan pagi dengan menu Soto Bathok karena enak. Dia juga doyan dengan rasa tempe di tempat ini. 

"Enak banget, renyah sekali, karena dibungkus memakai daun. Rasa dan teksturnya berbeda. Tempenya lumayan tebal, tidak hanya satu kartu ATM tetapi lima kartu ATM," ungkapnya.

Dia berjanji akan terus memberikan dukungan kepada UKM-UKM yang memiliki potensi untuk menjadikan lebih banyak lagi lapangan pekerjaan dan memiliki potensi kuliner yang bisa diunggulkan.

"Saya didampingi teman-teman HIPNI dan Kadin. Mereka juga membantu mengidentifikasi dan memberikan pendampingan serta pelatihan supaya dari satu cabang, mungkin nanti melalui OKE OCE bisa menjadi 10 cabang dan karyawannya bertambah," tuturnya.

Baca juga: Curhatnya Usai Lulus Tes SIM Jadi Viral, Polisi Bilang Wisely Patut Menjadi Contoh

Cerita perjuangan Ibu Endah dalam merintis usaha hingga terus bisa berkembang, lanjut Sandiaga, harus terus disebarkan ke seluruh Indonesia.

"Cerita seperti Ibu Endah ini yang kami ingin tumbuh kembangkan ke seluruh Indonesia, khususnya untuk pemberdayaan UMKM, dalam rangka gerakan ekonomi rakyat, menciptakan peluang kerja," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com