Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Gajah Bernama Kartijah dan Bunga di Way Kambas Tengah Bunting

Kompas.com - 15/11/2018, 13:42 WIB
Caroline Damanik

Editor

Sumber Antara

LAMPUNG TIMUR, KOMPAS.com - Dua ekor gajah di Pusat Konservasi Gajah Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Kabupaten Lampung Timur diketahui oleh dokter hewan setempat sedang bunting.

Drh Diah Esti Anggraeni, dokter yang bertugas di RS Gajah Prof Dr Ir Rubini Atmadidjaja Pusat Konservasi Gajah TNWK, membenarkan bahwa dua ekor gajah betina bernama Kartijah dan Bunga sedang hamil.

"Dua ekor gajah itu sudah positif hamil," katanya di Lampung Timur, Kamis.

Namun dokter hewan ini belum bisa memastikan umur kandungan kedua hewan mamalia yang menjadi spesies langka dan dilindungi di dunia itu. Namun menurut dia, diperkirakan, gajah Bunga bakal lebih dulu melahirkan anaknya.

"Sewaktu dilakukan USG pada kedua gajah betina itu, hanya gajah Bunga yang terlihat tulang rusuknya, gajah Kartijah belum terlihat," ujar Diah.

Menurut dia, kehamilan gajah Kartijah ini adalah yang keempat setelah melahrkan tiga anaknya. Sementara itu, gajah Bunga sudah pernah dua kali melahirkan sebelumnya.

Dia mengemukakan, usia kehamilan gajah adalah 21 bulan dan pada masa hamil tua, gajah hamil perlu banyak tambahan makanan (nutrisi) untuk induk dan anaknya dalam kandungan.

Namun sebagai gajah atraksi, saat hamil, kedua gajah betina ini tetap aman bila pengunjung ingin naik di punggungnya.

"Tidak ada masalah ditunggangi, malah sebagai latihan, tetapi yang penting gajah yang sedang hamil jangan terlalu sering jongkok dan berdiri," ujar Diah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com