Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evakuasi ABK Terjebak di TB Fortunisius,Tim SAR Seret Kapal ke Pantai

Kompas.com - 15/11/2018, 09:49 WIB
Sukoco,
Khairina

Tim Redaksi

TARAKAN, KOMPAS.com - Tim SAR gabungan dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kota Tarakan Kalimantan Utara akhirnya berhasil mengevakuasi satu korban tenggelamnya tug boat (TB ) Fortunisius PT Garda.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Gusti Anwar melalui Kasie Operasi dan Siaga Octavianto mengatakan, korban atas nama Roni Yusmayudin selaku mualim I TB Fortunisius ditemukan dalam keadaan meninggal di dalam kapal.

"Korban ditemukan di dalam kapal tersebut dalam kondisi meninggal," ujarnya Kamis (15/11/2018).

Baca juga: Kisah Awak Kapal Aqua Mas Terombang-ambing di Laut Selatan Jawa

Octavianto menambahkan, pascakorban pertama ditemukan mengapung dalam keadaan meninggal, tim SAR gabungan berusaha menarik bangkai kapal ke pinggir dengan menggunakan TB Meteor 4 sejauh kurang lebih 0,5 mil dari pantai.

Korban berhasil ditemukan di dalam kapal dan langsung dievakuasi ke Puskesmas Pulau Bunyu untuk divisum.

"Korban dibawa menuju ke Pelabuhan Pulau Bunyu utk kemudian dilaksanakan visum dan identifikasi di Puskesmas Bunyu lalu diserahkan ke pihak keluarga," kata Octavianto.

Sebelumnya, sebuah kapal tug boat (TB) Fortunisius milik PT Garda tenggelam di perairan Bunyu Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, saat lego jangkar.

Kapal tenggelam karena pompa pendingin di kamar mesin mengalami kerusakan. Dari 8 ABK kapal, 6 ABK dilaporkan selamat sementara 2 ABK ditenukan meninggal.

Kompas TV Kapal Aquamas 05 yang sempat hilang kontak ditemukan di perairan Tegal Buled, Sukabumi berdekatan dengan Samudera Hindia. Nakhoda dan 3 ABK terombang ambing di laut karena kerusakan pada mesin kapal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com