Pegawai Kantor Pajak Bikin Lagu Kenang Korban Pesawat Lion Air JT 610

Kompas.com - 14/11/2018, 14:50 WIB
Jenly membuat lagu berjudul Tanda Pengenal Tak Bertuan untuk kenang para korban pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh pada Senin (29/10/2018). Instagram/Jen.HuntmanJenly membuat lagu berjudul Tanda Pengenal Tak Bertuan untuk kenang para korban pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh pada Senin (29/10/2018).

KOMPAS.com - Lebih dari dua pekan sudah sejak peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang, Jawa Barat pada 29 Oktober 2018.

Peristiwa ini masih meninggalkan duka dan kesedihan bagi keluarga dan kerabat korban.

Menanggapi hal tersebut, seorang pegawai kantor pajak ingin mengenang dan menghormati para korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 dengan membuat lagu.

Pegawai Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Tolitoli di Sulawesi Tengah, Jenly Hunter Mantiri, membuat lagu untuk mengenang para penumpang JT 610 yang berjudul "Tanda Pengenal Tak Bertuan".

"Lagu ini dibuat sejak 8 November 2018, dengan proses pembuatan selama seminggu," ujar Jenly saat dihubungi Kompas.com pada Rabu (14/11/2018).

Seluruh lirik dalam lagu "Tanda Pengenal Tak Bertuan" ini merupakan buah karya dari pemikiran Jenly.

Jenly mengatakan bahwa lirik yang ia buat terinspirasi dari penggalan puisi-puisi lama.

"Lirik saya tulis sendiri, ada sedikit penggalan lirik berdasarkan bacaan puisi-puisi lama, seperti puisi Dwiandari dan Maisyah Ahara," ujar Jenly.

Dalam pembuatan lagu, Jenly dibantu oleh Febri Noviardi untuk mengaransemen lagu tersebut.

Menurut Jenly, ia membuat lagu ini karena ingin mewakili ungkapan kesedihan hati dari teman-teman Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan. Sejumlah pegawai Ditjen Pajak memang menjadi penumpang dalam pesawat itu.

"Sedih pertama kali lihat dari media, properti dari korban berupa tanda pengenal, name tag, KTP. Sama-sama pernah merasakan bagaimana kita yang bekerja jauh dari keluarga," ujar Jenly.

Adapun dalam lagu "Tanda Pengenal Tak Bertuan", Jenly menyelipkan pesan-pesan untuk penikmat lagunya.

Ia mengungkapkan, agar para pendengar tetap semangat bekerja, meskipun banyak rekan telah gugur dalam peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610. Kemudian, ia juga berpesan kepada keluarga yang ditinggalkan agar tetap tabah.

"Untuk keluarga yang ditinggalkan semoga dikuatkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Terima kasih buat teman-teman yang telah mendahului kami, kalian adalah pahlawan," ujar Jenly.

Lagu "Tanda Pengenal Tak Bertuan" juga sempat diunggah oleh Jenly di akun Instagram miliknya, @jen.huntman.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X