Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pura-pura Mati, Pengemudi Ojek Selamat dari Serangan KKB di Papua

Kompas.com - 13/11/2018, 13:20 WIB
Kontributor Wamena, John Roy Purba,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Seorang pengemudi ojek bernama Aldi (18) berhasil selamat dari serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kampung Jiwili, Distrik Wiringgambur, Kabupaten Lanny Jaya, Papua, Senin (12/11/2018) sore.

Aldi selamat dari serangan kelompok yang dipimpin Purom Okiman Wenda itu karena pura-pura meninggal.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal membenarkan adanya penembakan yang dilakukan oleh KKB di Kabupaten Lanny Jaya terhadap seorang tukang ojek.

"Ya benar adanya penembakan itu. Tapi tidak ada korban jiwa," ungkap Kamal di sela acara silaturahim di Kota Jayapura, Selasa (13/11/2018).

Baca juga: Hati Kecilku Bilang, Anak-anakku Masih Hidup (1)

Kamal menjelaskan, penembakan terjadi ketika korban berkendara dari ujung aspal Jalan Wiringgambut-Kali Kabur dengan sepeda motornya. Dia lalu dihadang oleh kelompok KKB.

Ketika korban dihadang, lanjut Kamal, seorang dari kelompok KKB mencabut senjata jenis revolver dan menembaknya ke arah kepala. Tembakannya ternyata meleset. Namun, korban tersungkur, sedangkan pelaku penembakan langsung kabur.

"Jadi kelompok KKB mengira korban terkena tembakan. Namun kenyataannya korban berhasil menghindar dan pura-pura mati. Setelah para pelaku melakukannya, mereka meninggalkan korban begitu saja sehingga korban berkesempatan kabur dan langsung melaporkan peristiwa yang dialaminya ke salah satu kerabatnya yang bertugas sebagai anggota Koramil 1702/Tiom," tuturnya.

Baca juga: Di Balik Kebakaran Kantor Gubernur Papua...

Laporan korban lalu dilaporkan ke Danramil 1702/Tiom.

"Jadi, saat ini gabungan TNI dan Polri selalu bersiaga disana, mengingat kelompok KKB disana kerab melakukan gangguan terhadap masyarakat," tambahnya.

Dua pekan lalu, seorang tukang ojek bernama Yanmar ditemukan dengan luka tembak di kawasan yang sama. Diduga, pelakunya juga bagian dari KKB di Lanny Jaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com