Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilaporkan Menipu, Polisi Gadungan Digelandang Aparat

Kompas.com - 12/11/2018, 07:10 WIB
Suddin Syamsuddin,
Khairina

Tim Redaksi

PAREPARE, KOMPAS. com – Dilaporkan menipu teman wanitanya hingga jutaan rupiah, Suhadi, polisi gadungan warga Mattoangaing, Kota Makassar dibekuk anggota Polsek Soreang, Polres Parepare, Sulawesi Selatan.

Masih berpakaian sergam polisi, Suhadi digelandang ke kantor polisi.

"Suhadi dilaporkan oleh seorang wanita guru honorer yang mengaku telah ditipu. Suhadi menukarkan kartu ATM palsu dan mengambil ATM yang asli korban. Setelah sebelumnya sudah mengetahui pin ATM sang wanita," jelas Kapolsek Soreang AKP Komang Sudamayanta, di Mapolsek Soreang, Kota Parepare, Minggu (11/11/2018) malam.

Baca juga: Deni Dibegal 3 Polisi Gadungan, Honda Beat Raib Dibawa Pelaku

Lanjut Komang, dalam memikat korbannya, Suhadi mengaku bertugas di Polda Sulsel, berpangkat Iptu, lengkap dengan seragam yang ia tunjukkan saat berkenalan.

Kepada polisi, Suhadi mengaku menipu dan menjadi polisi gadungan karena tidak punya pekerjaan tetap.

"Kali ini Suhadi dikaporkan telah mengambil uang korbannya sebanyak Rp 5 juta dari hasil penipuannya kepada korban dengan menganti ATM asli dengan kartu ATM yang palsu. Suhadi juga kerap mencari korban di media sosial.“ ungkap Komang.

Suhadi mendapatkan seragam polisi di sekitar Asrama Mattoanging di Makassar, saat baju salah satu anggota polisi dijemur usai dicuci di asrama. Kepada polisi, Suhadi juga mengaku menjalankan aksinya dengan alasan ekonomi.

"Saya tidak punya pekerjaan, Pak. Biasanya wanita terpikat jika saya mengaku polisi. Dengan seragam lengkap saya memikat korban, menipu, kemudian meninggalkan mereka, " kata Suhadi. 

Kompas TV Polisi menilai kerugian negara mencapai Rp14 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com